Senin 03 Jul 2023 14:07 WIB

Tak Hanya Arab Saudi, Negara-Negara Ini Juga Panggil Dubes Swedia

Irak, Kuwait, dan UEA juga telah melakukan pemanggilan terhadap dubes Swedia

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Aksi pembakaran Alquran kembali terjadi di Swedia
Foto: Reuters
Aksi pembakaran Alquran kembali terjadi di Swedia

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH – Arab Saudi telah memanggil duta besar (dubes) Swedia di negaranya. Pemanggilan tersebut dilakukan karena Saudi ingin menyampaikan langsung kepada dubes Swedia bahwa Riyadh mengutuk aksi pembakaran Alquran yang baru-baru ini berlangsung di Stockholm.

"Kementerian Luar Negeri memanggil Dubes Kerajaan Swedia dan memberi tahu dia tentang penolakan kategoris Kerajaan Arab Saudi atas tindakan tercela yang dilakukan oleh seorang ekstremis yang membakar salinan Alquran," kata Pemerintah Arab Saudi, dilaporkan Saudi Press Agency (SPA), Senin (3/7/2023).

Baca Juga

“Kementerian menyerukan kepada Pemerintah Swedia menghentikan semua tindakan yang secara langsung bertentangan dengan upaya internasional untuk menyebarkan nilai-nilai toleransi, moderasi, dan penolakan ekstremisme, serta merusak rasa saling menghormati yang diperlukan untuk hubungan antara masyarakat dan negara,” tambah Arab Saudi dalam pernyataannya.

Selain Saudi, beberapa negara Arab lainnya, seperti Irak, Kuwait, dan Uni Emirat Arab, juga telah melakukan pemanggilan terhadap dubes Swedia di negaranya masing-masing. Mereka menyampaikan protesnya atas aksi pembakaran Alquran yang dilakukan seorang warga Irak bernama Salwan Momika di depan Masjid Raya Sodermalm, Stockholm, tepat ketika perayaan Idul Adha lalu.