Selasa 04 Jul 2023 04:50 WIB

SPI dan UKT Mahal, Calon Mahasiswa Baru Bisa Berburu Beasiswa

Ada banyak tawaran beasiswa yang bisa meringankan beban biaya masuk perguruan tinggi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Natalia Endah Hapsari
Calon mahasiswa baru bisa mendapat keringanan, misalnya berupa beasiswa, dengan mencari berbagai informasi. (ilustrasi)
Foto: PxHere
Calon mahasiswa baru bisa mendapat keringanan, misalnya berupa beasiswa, dengan mencari berbagai informasi. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Pembayaran studi berupa Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) dan Uang Kuliah Tunggal (UKT) menjadi kendala yang sedang dihadapi calon mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri (PTN). Calon makasiswa baru merasa UKT yang dibayarkan setiap semester dan SPI yang dibayarkan satu kali itu terasa memberatkan.

Namun, calon mahasiswa baru bisa mendapat keringanan, misalnya berupa beasiswa, dengan mencari berbagai informasi. Ada banyak tawaran beasiswa yang bisa meringankan beban biaya masuk perguruan tinggi.

Baca Juga

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya membagikan berbagai informasi beasiswa di laman kemahasiswaan mereka. Dalam surat pengumuman yang ditandatangani Direktur Kemahasiswaan Unair, Hadi Shubhan, Unair mengumumkan bahwa berencana memberikan sisa kuota calon penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) kepada pendaftar Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Pengumuman itu menjelaskan ada sisa 153 kuota, setelah dikurangi peserta Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), yang dialokasikan kepada peserta SNBT.