Selasa 04 Jul 2023 12:44 WIB

Indonesia Kecam Keras Serangan Militer Israel ke Jenin

Tindakan pasukan Israel dinilai mempersulit upaya perdamaian.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Esthi Maharani
Pemerintah Indonesia mengecam keras aksi penyerangan yang dilakukan pasukan Israel ke wilayah Jenin, Tepi Barat.
Foto: AP Photo/Nasser Nasser
Pemerintah Indonesia mengecam keras aksi penyerangan yang dilakukan pasukan Israel ke wilayah Jenin, Tepi Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengecam keras aksi penyerangan yang dilakukan pasukan Israel ke wilayah Jenin, Tepi Barat. Selain memperburuk situasi kemanusiaan di Palestina, tindakan pasukan Israel dinilai mempersulit upaya perdamaian.

“Indonesia mengecam keras serangan militer Israel di Jenin, Tepi Barat, yang sebabkan puluhan warga sipil Palestina tewas dan terluka. Serangan militer tersebut tidak dapat diterima dan hanya memperburuk situasi kemanusiaan di Palestina serta mempersulit upaya perdamaian,” tulis Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI lewat akun Twitter resminya, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga

Kemenlu RI menekankan, tindakan Israel tersebut tak dapat dibiarkan begitu saja. “Dewan Keamanan (DK) PBB harus segera mengambil sikap tegas dalam jalankan semua resolusi DK PBB secara konsisten,” katanya.

Pasukan Israel melakukan penyerbuan ke kamp pengungsi Jenin pada Ahad (2/7/2023) malam. Dalam keterangannya, militer Israel mengatakan, mereka menargetkan sebuah bangunan yang diduga menjadi pusat komando Brigade Jenin, sebuah kelompok perlawanan Palestina.