Selasa 04 Jul 2023 13:51 WIB

Ini Perbandingan UKT Ilmu Komunikasi di UI, Unair, dan Undip

Ada beberapa rekomendasi universitas jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Natalia Endah Hapsari
Salah satu jurusan kuliah yang banyak peminatnya adalah ilmu komunikasi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik./ilustrasi
Foto: dok Universitas BSI
Salah satu jurusan kuliah yang banyak peminatnya adalah ilmu komunikasi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Saat ini masyarakat tengah disibukkan dengan masalah sekolah dan kuliah anaknya. Salah satu jurusan kuliah yang banyak peminatnya adalah ilmu komunikasi yang berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Ada beberapa rekomendasi universitas jurusan ilmu komunikasi terbaik di Indonesia di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Universitas Diponegoro (UNDIP).

Baca Juga

Berapa kira-kira biaya uang kuliah tunggal (UKT) di tiga perguruan tinggi negeri (PTN) tersebut?

 

1. Universitas Indonesia (UI)

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) yang didirikan sejak 1968, merupakan salah satu fakultas dengan jumlah program studi dan mahasiswa terbanyak di Universitas Indonesia.

Salah satu program studi yang banyak diminati adalah Ilmu Komunikasi. UI menerapkan BOP Berkeadilan yang terdiri dari 11 kelas UKT. UKT adalah biaya kuliah yang ditanggung oleh setiap mahasiswa dan disesuaikan dengan kemampuan ekonominya.

Penetapan golongan UKT dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor seperti kondisi sosial dan ekonomi dari penanggung biaya pendidikan mahasiswa.

Dikutip dari laman resmi UI, www.simak.ui.ac.id, biaya UKT untuk rumpun sosial dan humaniora (Hukum, Ekonomi dan Bisnis, llmu Pengetahuan Budaya, Psikologi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Administrasi)

Kelas 1 : Rp 0 - Rp 500 ribu

Kelas 2 : > Rp 500 ribu - Rp 1 juta

Kelas 3 : > Rp 1 juta - Rp 2 juta

Kelas 4 : > Rp 2 juta - Rp 3 juta

Kelas 5 : > Rp 3 juta - Rp 4 juta

Kelas 6 : > Rp 4 juta - Rp 5 juta

Kelas 7 : > Rp 5 juta - Rp 7,5 juta

Kelas 8 : > Rp 7,5 juta - Rp 10 juta

Kelas 9 : > Rp 10 juta - Rp 12,5 juta

Kelas 10 : > Rp 12,5 juta - Rp 15 juta

Kelas 11 : > Rp 15 juta - Rp 17,5 juta

 

2. Universitas Airlangga

Dikutip dari web resmi Universitas Airlangga www.ppmb.unair.ac.id, Selasa (4/7/2023), biaya UKT Perguruan Tinggi Negeri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, program studi Ilmu Komunikasi tahun akademik 2023/2024.

Kelas 1 A : Rp 0 - Rp 500 ribu

Kelas 1 B : Rp 1 juta

Kelas 1 C : Rp 2,4 juta

Kelas 2 : Rp 6 juta

Kelas 3 : Rp 7,5 juta

Kelas 4 : Rp 10 juta

 

3. Universitas Diponegoro

Dikutip dari website resmi UNDIP, www.pmb.undip.ac.id, Selasa (4/7/2023), biaya UKT sarjana ujian mandiri program studi Ilmu Komunikasi tahun akademik 2023/2024.

Golongan 1 : Rp 500 ribu

Golongan 2 : Rp 1 juta

Golongan 3 : Rp 3,5 juta

Golongan 4 : Rp 4,5 juta

Golongan 5 : Rp 5,5 juta

Golongan 6 : Rp 6,5 juta

Golongan 7 : Rp 6,75 juta

Golongan 8 : Rp 7 juta

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِّنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, ”Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement