Rabu 05 Jul 2023 01:13 WIB

Cuti Bersama Idul Adha Dongkrak Pergerakan Penumpang di Bandara Ahmad Yani

Pertumbuhan juga terjadi pada pergerakan pesawat udara.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Aktivitas dan kesibukan yang terpantau di terminal penumpang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Selasa (4/7).
Foto: Dokumen
Aktivitas dan kesibukan yang terpantau di terminal penumpang Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Selasa (4/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang telah melayani sebanyak 169.632 penumpang sepanjang Juni 2023.

Dibandingkan dengan pergerakan penumpang pada periode Juni 2022 yang mencapai 141.456 penumpang, jumlah pergerakan penumpang di Juni tahun ini meningkat 20 persen.

Pertumbuhan juga terjadi pada pergerakan pesawat udara pada Juni 2023 dengan jumlah 1.458 pergerakan atau tumbuh 25 persen dibandingkan jumlah pesawat pada Juni 2022 yang tercatat sebanyak 1.168 pergerakan.

Demikian halnya untuk trafik kargo, Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang melayani sebanyak 837.046 kilogram pada periode Juni 2023.

Angka ini menunjukkan peningkatan pertumbuhan sebesar 86 persen, jika dibandingkan dengan trafik kargo periode Juni 2022 yang tercatat sebesar 450.304 kg.

General Manager Kantor Cabang PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto mengatakan, pada periode Juni 2023 ini, pergerakan penumpang terbanyak periode Juni 2023 ini terjadi pada H-1 Idul Adha atau 28 Juni 2023.

Hal ini bertepatan dengan momentum cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriyah tahun 2023. “Akumulasi pergerakan penumpang tercatat mencapai 6.759 orang penumpang per hari," ungkapnya di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (4/7).

Seiring dengan terus terjadinya tren pertumbuhan trafik di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang, manajemen PT Angkasa Pura I bersama dengan instansi terkait terus berkomitmen untuk memberikan layana prima kepada masyarakat.

Khususnya para pengguna jasa Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Salah satu upaya untuk memberikan kenyamanan pada pengguna jasa, manajemen PT Angkasa Pura I memastikan kemudahan konektivitas penumpang.

“Hal ini diwujudkan melalui tersedianya layanan transportasi umum dari dan ke lokasi bandara, di antaranya melalui Bus Trans Semarang (BRT), taksi bandara, dan transportasi berbasis online,” jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement