Rabu 05 Jul 2023 12:42 WIB

Ratusan UMKM akan Meriahkan KKJ-PKJB 2023 Jabar

PKJB berupaya mengangkat pelaku usaha kriya agar bangkit dari dampak pandemi.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Irfan Fitrat
Agenda Karya Kreatif Jawa Barat-Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2022 di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Agenda Karya Kreatif Jawa Barat-Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2022 di Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Barat (Jabar) kembali berkolaborasi menyelenggarakan Karya Kreatif Jawa Barat-Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB). Rangkaian agenda KKJ-PKJB akan digelar 7-9 Juli 2023 di area Gedung Sate, Kota Bandung.

Ketua Harian Dekranasda Jabar Noneng Komara Nengsih mengatakan, agenda KKJ-PKJB tahun ini akan berbeda dengan agenda sebelumnya yang digelar saat masa pandemi Covid-19. Kegiatan kali ini lebih terbuka untuk umum dan akan menghadirkan para pelaku UMKM dari 27 kabupaten/kota se-Jabar.

“Tahun ini pertama kali acaranya gebyar lagi. Sebelumnya di hotel, jadi pengunjung sangat terbatas,” kata dia, yang juga kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jabar, Rabu (5/7/2023).

Menurut Noneng, PKJB 2023 berupaya mengangkat para pelaku usaha kriya di Jabar. Diharapkan agenda ini dapat membangkitkan para pelaku usaha kriya dari dampak pandemi Covid-19. “Perajin ini kena dampak dibanding pelaku usaha kreatif seperti makanan dan fesyen. Kriya sangat terganggu,” katanya.