Rabu 05 Jul 2023 21:51 WIB

Jika Dunia tanpa Penemuan Ilmuwan Muslim Ini

Yaqub Al Kindi adalah seorang ilmuwan Muslim yang multidisiplin.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Muhammad Hafil
Ilmuwan Islam (ilustrasi).
Foto: republika
Ilmuwan Islam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Yaqub Al Kindi adalah seorang ilmuwan Muslim yang multidisiplin. Dia memiliki banyak penemuan di berbagai bidang yang telah berpengaruh besar terhadap dunia.

Al Kindi adalah pelopor kriptografi. Dalam penemuannya ini, dia mengembangkan metode di mana perbedaan frekuensi kemunculan huruf dapat dianalisis dan dieksploitasi untuk menguraikan kode. Bukti keunggulan Al Kindi dalam kriptografi ditemukan dalam sebuah manuskrip.

Baca Juga

Manuskrip tersebut ditemukan di Arsip Ottoman di Istanbul, dengan judul "Makhthuuth fii Fakki Rosaa'il Al-Tasyfiir". Dilansir Arabic Post, Al Kindi dalam manuskrip ini menjelaskan metode kriptanalisis, enkripsi, dan analisis statistik pesan dalam bahasa Arab.

Di bidang kimia, Al-Kindi menyatakan bahwa logam mulia seperti emas, dapat diekstraksi dari logam dasar. Selain itu, dia bersama Jabir bin Hayyan dianggap sebagai salah satu pendiri industri parfum. Ini karena penelitian dan eksperimen ekstensif dalam menggabungkan aroma tumbuhan dengan mengubahnya menjadi minyak.