Rabu 05 Jul 2023 21:17 WIB

Benarkah Nyeri Lutut Bisa Hilang dengan Rutin Jalan Kaki?

Aktivitas jalan kaki memberikan manfaat signifikan bagi kesehatan Anda.

Rep: Mgrol146/ Red: Qommarria Rostanti
Seseorang mengalami nyeri lutut (ilustrasi). Salah satu cara untuk mengurangi nyeri lutut adalah dengan berjalan kaki.
Foto: Pexels
Seseorang mengalami nyeri lutut (ilustrasi). Salah satu cara untuk mengurangi nyeri lutut adalah dengan berjalan kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Semakin bertambahnya usia, kesehatan sendi dan tulang kemungkinan besar akan menurun. Olahraga berjalan kaki kelihatannya kontraintuitif bagi orang yang mengalami nyeri sendi. Namun ternyata, aktivitas ini perlu Anda lakukan untuk meningkatkan mobilitas tubuh.

Jalan kaki juga dapat memperkuat otot dan persendian di sekitar lutut dan membantu pelumasan sendi. Selain itu, jalan kaki bisa membuat berat badan turun dan dapat mengurangi tekanan dari lutut yang bisa mengurangi rasa sakit.

Baca Juga

Walaupun dengan istirahat dan pengobatan dapat membantu meringankan nyeri sendi, tapi alangkah baiknya jalan kaki juga dilibatkan dalam rutinas pemulihan Anda. Berjalan kaki dinilai dapat memberikan manfaat signifikan untuk meredakan nyeri lutut.

Salah satu dokter di India, dr Ashwani mengatakan, berjalan adalah pengobatan yang sederhana, mudah diakses, dan efektif untuk nyeri lutut. "Dengan memasukkan jalan kaki ke dalam rutinitas harian, Anda dapat memperkuat otot dan persendian, meningkatkan pelumasan sendi, meningkatkan kelenturan, mengatur berat badan, dan meningkatkan suasana hati," ujarnya dikutip dari laman Hindustan Times, beberapa waktu lalu.

Penting untuk memulainya secara bertahap dan mengonsultasikannya dengan profesional kesehatan jika Anda mengalami nyeri lutut parah atau kondisi yang mendasarinya. Asupan makanan sehat dan obat-obatan juga diperlukan dalam pemulihan nyeri sendi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement