Rabu 05 Jul 2023 21:24 WIB

Tidak Sikat Gigi Sebelum Tidur, Risiko Kena Penyakit Jantung Meningkat

Masih malas sikat gigi sebelum tidur?

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Menyikat gigi (ilustrasi). Tidak gigi pada malam hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.
Foto: www.maxpixel.com
Menyikat gigi (ilustrasi). Tidak gigi pada malam hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Malas sikat gigi sebelum tidur? Ada kabar buruk untuk Anda.

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Scientific Reports mengungkapkan, tidak gigi pada malam hari dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Menyikat gigi setelah sarapan memang diperlukan, namun melakukannya sebelum tidur lebih penting untuk mencegah masalah kardiovaskular, yakni jantung dan pembuluh darah.

Baca Juga

Untuk sampai pada kesimpulan tersebut, tim peneliti mengamati responden berusia 20 tahun atau lebih yang dirawat di Osaka University Hospital di Jepang antara April 2013 hingga Maret 2016 untuk pemeriksaan, pembedahan, atau perawatan. Selain itu, ada juga mereka yang mengunjungi Unit Kedokteran Gigi rumah sakit untuk mencari perawatan gigi, perawatan mulut perioperatif, dan skrining infeksi.

Para peneliti membagi subjek menjadi empat kelompok dari total 1.675 responden. Kelompok MN terdiri dari orang yang menyikat gigi dua kali sehari, sekali setelah bangun tidur dan sekali pada malam hari.

Sementara itu, kelompok Night melaporkan hanya menyikat gigi satu kali pada malam hari dan Kelompok Morning menyikat gigi hanya setelah bangun tidur. Kelompok terakhir yang diberi nama None sama sekali tidak melakukan praktik kunci kebersihan mulut ini.

Para peneliti kemudian mengevaluasi usia, jenis kelamin, riwayat merokok, dan hasil tindak lanjut setiap responden. Selain itu, empat peneliti independen juga melihat catatan gigi dan medis dari semua peserta penelitian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement