Rabu 05 Jul 2023 23:17 WIB

Bumi Borneo Siapkan Pertahanan Terbaik Lawan Prawira Harum Bandung di Playoff IBL

Bumi Borneo akan menjadi tuan rumah gim pertama playoff IBL 2023 lawan Prawira.

Rep: mgrol147/ Red: Israr Itah
Pemain asing Bumi Borneo Basketball Pontianak Randy Bell melepaskan tembakan (ilustrasi). Bumi Borneo Basketball Pontianak mengandalkan Randy Bell untuk melawan Prawira Harum Bandung di playoff IBL.
Foto: IBL/Hari Purwanto
Pemain asing Bumi Borneo Basketball Pontianak Randy Bell melepaskan tembakan (ilustrasi). Bumi Borneo Basketball Pontianak mengandalkan Randy Bell untuk melawan Prawira Harum Bandung di playoff IBL.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bumi Borneo Basketball Pontianak berstatus underdog saat meladeni Prawira Harum Bandung pada putaran pertama playoff IBL 2023. Tim asuhan Tondi Raja Syailendra ini menempati urutan kedelapan di regular season, sementara Prawira merupakan tim ranking pertama.

Bumi Borneo sadar akan status ini. Terlebih, lawan yang akan dihadapi berstatus tim dengan offense mengerikan sepanjang regular season. Bumi Borneo akan fokus memperkuat defense ketika kedua tim bertemu pada gim pertama di Britama Arena Mahaka Square Jakarta Utara pada Kamis (6/7/2023) malam mulai pukul 20.00.  

Baca Juga

"Kita tahu dua pemain asing Prawira lumayan dominan di IBL kali ini. Pemain lokal Prawira juga lebih berpengalaman dari kami. Beberapa ada yang memperkuat tim nasional. Untuk itu, kami akan atur defense lebih dulu biar menyerangnya lebih enak,” kata Manager Bumi Borneo Basketball Rendy Putrama ketika dihubungi Republika.co.id, Rabu (5/7/2023) malam.

Prawira memborong empat penghargaan individual dari IBL. Brandone Francis menjadi pemain asing terbaik IBL 2023. Sementara Reza Guntara mendapatkan predikat pemain bertahan terbaik. Hans Abraham jadi sixth man atau pemain cadangan terbaik. Point guard Yudha Saputera menjadi kandidat MVP IBL meski akhirnya kalah dari Kaleb Ramot Gemilang dari Dewa United. Belum cukup, David Singleton juga terpilih sebagai pelatih terbaik IBL 2023.

Dalam kondisi ini dan posisi tak diunggulkan, tetap terselip kepercayaan diri Bumi Borneo untuk membuat kejutan. Sebab pertemuan kedua tim pada musim reguler IBL 2023 berakhir 1-1. Bumi Borneo pernah mengalahkan Prawira di Seri Solo dengan skor 75-74 pada akhir Mei lalu. Sementara Prawira Harum Bandung mengalahkan Bumi Borneo dengan skor 98-76 pada 3 Februari lalu di IBL Seri Malang.

"Waktu itu kami menang karena satu pemain asing Prawira tidak bisa bermain. Waktu mereka menang juga sama, satu pemain asing kami tidak bermain. Besok, kami akan berusaha sebaik mungkin membendung mereka," kata Rendy.

Pada seri terakhir regular season yang berlangsung di Britama Arena, Bumi Borneo juga tampil prima untuk memastikan tiket ke playoff dengan memetik dua kemenangan. Meskipun juga menelan dua kekalahan, Ngurah Wisnu dkk hanya kalah tipis satu angka dari Dewa United dan terpaut empat poin dari juara bertahan Satria Muda Pertamina.

Bumi Borneo dalam kondisi cukup prima. Pemain asing andalan Bumi Borneo, Randy Bell yang sebelumnya cedera keadaannya sudah membaik. Namun ada Raymond Shariputra yang sempat cedera saat bertanding melawan Dewa United di game terakhir regular season.

"Kami masih akan melihat sampai latihan terakhir apakah dia bisa bermain atau tidak, tetapi sekarang dia sedang dalam proses pemulihan," ungkap Rendy.

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنْ ذُكِّرَ بِاٰيٰتِ رَبِّهٖ فَاَعْرَضَ عَنْهَا وَنَسِيَ مَا قَدَّمَتْ يَدَاهُۗ اِنَّا جَعَلْنَا عَلٰى قُلُوْبِهِمْ اَكِنَّةً اَنْ يَّفْقَهُوْهُ وَفِيْٓ اٰذَانِهِمْ وَقْرًاۗ وَاِنْ تَدْعُهُمْ اِلَى الْهُدٰى فَلَنْ يَّهْتَدُوْٓا اِذًا اَبَدًا
Dan siapakah yang lebih zalim dari pada orang yang telah diperingatkan dengan ayat-ayat Tuhannya, lalu dia berpaling darinya dan melupakan apa yang telah dikerjakan oleh kedua tangannya? Sungguh, Kami telah menjadikan hati mereka tertutup, (sehingga mereka tidak) memahaminya, dan (Kami letakkan pula) sumbatan di telinga mereka. Kendatipun engkau (Muhammad) menyeru mereka kepada petunjuk, niscaya mereka tidak akan mendapat petunjuk untuk selama-lamanya.

(QS. Al-Kahf ayat 57)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement