Jumat 07 Jul 2023 20:36 WIB

Posisi Duduk Berbahaya yang Harus Dihindari

Apakah kamu sering duduk sambil menyilangkan kaki? Lebih baik kurangi sekarang.

Rep: Desy Susilawati / Red: Qommarria Rostanti
Posisi duduk yang salah (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Posisi duduk yang salah (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian dari kita menghabiskan lebih banyak waktu duduk di meja, sofa, dan tempat tidur dalam posisi yang salah. Di satu sisi, kemajuan teknologi membuat tugas kita lebih mudah. Namun di sisi lain mendorong gaya hidup kurang gerak terutama di masa pascapandemi.

Jika tidak ada langkah korektif, kita akan semakin tak aktif pada masa mendatang. Studi telah memperingatkan tentang peningkatan kasus diabetes, obesitas, dan tekanan darah ke tingkat yang mengkhawatirkan pada tahun-tahun mendatang. Postur tubuh kita juga memainkan peran kunci, tidak hanya dalam kesehatan sendi dan tulang tetapi juga semua aspek kesehatan termasuk pencernaan.

Menjaga tulang belakang tetap lurus dan mengadopsi postur tubuh yang baik dapat membantu Anda merasa aktif, energik, dan bebas dari rasa sakit, nyeri, dan kaku. Penelitian juga menunjukkan, berdiri atau duduk tegak juga dapat meningkatkan rasa percaya diri dan mengisi Anda dengan pikiran yang memberdayakan.

Konsultan ahli bedah ortopedi CARE Rumah Sakit Malakpet, Hyderabad, dr Pappuu Rajashekar membagikan lima postur duduk berbahaya yang harus dihindari, bersama dengan latihan terperinci untuk membantu memperbaikinya:

1. Membungkuk atau membungkuk ke depan

Dilansir laman Hindustan Times, Jumat (7/7/2023), postur ini melengkung di punggung atas, mendorong leher ke depan, dan bahu merosot. Ini membuat ketegangan berlebihan pada leher, bahu, dan punggung bagian bawah. Latihan untuk memperbaikinya shoulder blade squeeze.

2. Menyilangkan kaki

Duduk dengan kaki bersilang di lutut dapat menyebabkan postur tubuh yang buruk, distribusi berat badan yang tidak merata, dan potensi kompresi saraf. Latihan untuk memperbaikinya seated figure-four stretch.

3. Duduk dengan bahu membulat

Bahu yang membulat terjadi ketika bahu membungkuk ke depan, menyebabkan punggung bagian atas membulat. Postur ini dapat menyebabkan nyeri leher, bahu, dan punggung bagian atas. Latihan untuk memperbaikinya chest opener.

4. Duduk dengan pergelangan kaki bersilang

Duduk dengan menyilangkan pergelangan kaki dapat menyebabkan keselarasan pinggul yang tidak seimbang dan peningkatan ketegangan pada punggung bagian bawah. Latihan untuk memperbaikinya ankle-to-knee stretch.

5. Mencondongkan tubuh ke depan dengan punggung membulat

Mencondongkan tubuh ke depan dengan punggung yang membulat dapat membuat tulang belakang Anda tegang dan menyebabkan sakit punggung. Latihan untuk memperbaikinya seated cat-cow stretch.

Ingat, penting untuk berlatih latihan ini secara konsisten dan memperhatikan postur tubuh Anda sepanjang hari. "Selain itu, beristirahat secara teratur dari duduk, meregangkan otot, dan memasukkan bentuk aktivitas fisik lainnya ke dalam rutinitas Anda juga dapat membantu memperbaiki postur tubuh dan mengurangi efek negatif dari duduk terlalu lama," ujar dr Rajashekar.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement