REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pada akhir kuartal I 2023, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) mengadakan penelitian bekerja sama dengan Jakpat. Penelitian ini dilakukan khusus untuk mengetahui lebih dalam pada minat dan pilihan masyarakat terhadap program undian berhadiah yang diadakan oleh perbankan di Indonesia.
Penelitian yang bertemakan 'Program Undian Berhadiah Perbankan' ini dilaksanakan kepada lebih dari 1.000 responden di hampir seluruh daerah di Indonesia yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, Danamon dan Jakpat mendapatkan beberapa temuan menarik mengenai ketertarikan masyarakat Indonesia pada pilihan program undian berhadiah yang diadakan oleh perbankan di Indonesia. Secara keseluruhan, para responden memberikan nilai ketertarikan terhadap program undian berhadiah dengan rata-rata nilai sebesar 3,83 dari 5.
"Wilayah tempat tinggal responden menjadi salah satu penentu ketertarikan responden untuk mengikuti program undian berhadiah," ujar Consumer Funding Business Head PT Bank Danamon Indonesia, Ivan Jaya, dalam siaran pers, Sabtu (8/7/2023).
Ivan memaparkan, responden lebih menyukai bentuk hadiah bernilai besar seperti mobil, emas, ataupun voucher belanja di wilayah Sumatera, DIY, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Responden juga cenderung memilih program undian berhadiah yang dilakukan setiap tiga bulan sekali sehingga peluang menang mereka lebih besar.
Sementara itu, 82 persen responden penelitian menyatakan telah mengetahui dan terbiasa dengan program undian berhadiah dari perbankan. Sementara, 18 persen dari responden yang telah mengetahui dan terbiasa dengan program undian berhadiah dari perbankan, menyatakan sudah familiar dengan program undian berhadiah bank ketika mereka membuka rekening tabungan.
Selain itu, berdasarkan domisili, masyarakat yang memiliki tingkat familiar tinggi terhadap program undian berhadiah perbankan ialah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku, mencapai 93 persen responden. Selanjutnya diikuti Banten dan Jawa Barat, yakni 78 persen responden, serta DKI Jakarta dan sekitarnya yakni 73 persen responden.
Sebesar 64 persen responden mengaku alasan utama menyukai program undian berhadiah adalah untuk mencoba keberuntungan mendapatkan hadiah yang ditawarkan. Sedangkan 38 persen responden menyatakan menyukai program undian karena rasa penasaran dan keseruan yang ditawarkan dari program.
Kendati demikian, 57 persen responden menyatakan bahwa menang atau kalah, tidak menjadi masalah (nothing to lose), setidaknya mereka masih bisa melakukan kegiatan menabung. Sedangkan 54 persen responden menyatakan menyukai program undian dengan periode waktu pengundian yang lebih banyak atau yang diadakan setiap per tiga bulan dengan tawaran hadiah yang lebih besar.
Ia juga memaparkan, mayoritas responden menyatakan hadiah impian adalah mobil mewah, kemudian 7 persen responden mengharapkan point reward dan cashback. Sementara sisanya, yakni 6 persen mengharapkan uang tunai atau voucher belanja.
Ivan mengatakan hasil penelitian Danamon dan Jakpat inilah yang menjadi gagasan dasar inisiatif program terbaru 'Danamon Hadiah Beruntun' yang bertujuan untuk menjawab kebutuhan nasabah. Program ini juga ditujukan untuk memberikan kepuasan dan kesempatan menang lebih besar bagi para nasabah Danamon. Bank Danamon bangga menghadirkan program tabungan inovatif 'Danamon Hadiah Beruntun' yang berlangsung sejak April hingga September 2023.
"Danamon Hadiah Beruntun merupakan program tabungan unik di mana setiap nasabah memiliki kesempatan memenangkan hadiah secara berulang, mulai dari hadiah langsung seperti cashback setiap bulan, hadiah per tiga bulan yang diundi di 12 wilayah berbeda, hingga hadiah utama yang akan diundi di akhir periode program," ujar Ivan.