Industri televisi kini terus berkembang dengan berbagai teknologinya. Hal ini tentu tak lepas dari besarnya tuntutan masyarakat yang kini semakin menjadikan televisi sebagai pusat hiburan di rumah.
LG Electronics (LG) mengumumkan pendirian pusat Penelitian dan Pengembangan (R&D) terbarunya di Indonesia. Langkah LG menambah pusat penelitian dan pengembangan di luar Korea Selatan ini, demi memperkokoh posisi produk TV-nya di Asia khususnya, dan tingkat global.
Park Hyoung-sei, presiden LG Home Entertainment Company mengungkapkan, pusat penelitian dan pengembangan ini menjadi langkah maju baru bagi LG. "Langkah ini, sekaligus memungkinkan kami menjangkau konsumen dengan lebih baik melalui operasi satu atap yang dengan mudah menghubungkan semua langkah rantai pasokan. Mulai dari pengembangan produk hingga layanan pengguna,” ujarnya.
Pernyataan ini tak lepas dari keberadaan Pusat Penelitian dan Pengembangan LG ini yang melengkapi dukungan operasional LG di Indonesia. Sebelumnya, tercatat LG telah memiliki dua fasilitas dari anak perusahaannya di Indonesia, LG Electronics Indonesia, yaitu fasilitas produksi TV di Cibitung, Bekasi dan kantor pusat pemasaran penjualan di Jakarta.
Pusat Penelitian dan Pengembangan LG di Indonesia ini terletak di salah satu lokasi area pabrik LG di Cibitung, Bekasi. Lebih lanjut terkait dengan pusat penelitian dan pengembangan terbarunya ini, Park Hyoung-sei menyatakan, keberadaannya akan memainkan peran kunci dalam meningkatkan optimalisasi pada operasional yang bakal memperkuat produk TV LG di Asia.
Sekaligus, memperkokoh pijakan perusahaan di pasar TV global. “Fasilitas ini akan pula menjadi tempat pengujian berbagai inovasi terbaru LG yang bakal menjadi bagian pengembangan TV bagi pasar global,” ujarnya lagi.
Diantara yang menjadi peran pokoknya, pusat penelitian dan pengembangan LG di Indonesia ini akan mengawasi semua proyek penelitian terkait produk TV yang menargetkan pasar global. Di sisi lain, keberadaannya juga akan berperan untuk mengembangkan berbagai varian baru produk TV LG yang akan lebih ditujukan untuk melayani pasar yang berkembang pesat di Asia dan juga khususnya Indonesia.
Untuk mendukung berbagai proyek penelitian dalam fasilitas barunya ini, LG berencana mempekerjakan lebih banyak profesional dan bertujuan untuk meningkatkan jumlah karyawan menjadi 500 orang pada 2025. Perusahaan juga akan memperkuat hubungan dengan universitas lokal.
Termasuk juga, meluncurkan proyek kerja sama industri-akademis untuk menemukan bakat baru di berbagai area yang diperlukan.