Ahad 09 Jul 2023 06:55 WIB

Masjid Sheikh Zayed Bakal Ditanami Tumbuhan yang Disebut Alquran dan Hadist, Apa Saja?

Penanaman tumbuhan yang disebut dalam Alquran dan Hadist untuk edukasi jamaah.

Rep: C02/ Red: Agus raharjo
Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1444H  di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari  yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Umat muslim menunaikan Shalat Idul Fitri 1444H di Masjid Raya Sheikh Zayed, Surakarta, Jawa Tengah, Sabtu (22/4/2023). Pada tahun ini umat Muslim merayakan Idul Fitri 1444H pada hari yang berbeda, yakni Jumat (21/4/2023) dan Sabtu (22/4/2023). Shalat Idul Fitri di Masjid Raya Sheikh Zayed merupakan yang pertama usai peresmian pada April silam.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO–Pengelola Masjid Raya Sheikh Zayed Solo Berencana menanam sejumlah pohon yang ada di dalam Alquran dan hadist di area kawasannya. Direktur Operasional Masjid Raya Sheikh Zayed Solo menegaskan bahwa tujuan penanaman tersebut guna mengedukasi jamaah yang berkunjung.

"Pohon-pohon yang disebut dalam Al Quran maupun Hadis yang akan ditanam di Masjid Raya Sheikh Zayed," kata Munajat, Sabtu (8/7/2023).

Baca Juga

Berikut daftar tanaman yang akan ditanam di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Yakni mulai dari Jagung, Zaitun, Tin, Jeruk (Citrun). Ada juga Lemongrass, Black Seed (Habbatussauda), Mentimun, Saffron, Barley.

Serta ada juga Basil, Black Henna, Gandum, Qud, Pisang, Bawang Putih, Wijen (Sesame), Lentil, Delima (Pomegranate). Selain itu ada juga pohon Palem, Anggur, Semangka, Bawang, Labu (Pumpkin), Jahe, Bitter Apple, Lidah Buaya, Mustard, Chard, Leek.

Munajat mengatakan bahwa sudah ada beberapa dari tanaman tersebut yang telah ditanam di kawasan masjid. "Sebagian sudah ditanam di Masjid," katanya.

Persoalan lainnya adalah apakah buah semisal kurma apakah bisa berbuah atau tidak. Namun, pihaknya menegaskan akan mencari pohon dengan kualitas terbaik.

"Masalahnya yang zaitun, kurma bisa muncul buahnya ndak gitu. Pohonnya bisa, cuma berbuah kita belum tahu. Kita ini baru cari-cari yang terbaik," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement