Selasa 11 Jul 2023 05:44 WIB

Pertemuan NATO di Vilnius Bahas Strategi Ukraina, Posisi Swedia dan Perluasan ke Timur

Presiden AS Joe Biden akan hadir dalam pertemuan NATO di Vilnius.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Nidia Zuraya
Bendera berkibar tertiup angin di luar markas NATO di Brussel, 7 Februari 2022.
Foto: AP Photo/Olivier Matthys
Bendera berkibar tertiup angin di luar markas NATO di Brussel, 7 Februari 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, VILNIUS -- Para pemimpin NATO direncanakan berkumpul di Vilnius, Lithuania Selasa (11/7/2023) ini dengan agenda mengatasi perang, serta perpecahan dalam upaya menerima Ukraina untuk menjadi anggota NATO. Termasuk mengakhiri blokade Turki terhadap keanggotaan Swedia untuk bergabung dengan aliansi militer trans-Atlantik tersebut.

Dengan perang di Ukraina yang masih membayangi Eropa, pertemuan di ibukota Lithuania pada Selasa hingga Rabu (12/7/2023) mendatang, akan dijaga oleh deretan rudal Patriot dari Jerman, jet-jet tempur dan pasukan terbaik dari 17 negara anggota.

Baca Juga

Dijadwalkan, Presiden AS Joe Biden, Presiden Turki Tayyip Erdogan, Kanselir Jerman Olaf Scholz, Presiden Prancis Emmanuel Macron, dan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak akan menjadi bagian dari 31 pemimpin NATO yang hadir dalam KTT di negara Baltik yang kecil ini.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy juga diperkirakan akan hadir, dimana ia akan mendesak agar Ukraina segera diterima menjadi anggota NATO setelah perang yang dipicu oleh invasi Rusia berakhir.