Selasa 11 Jul 2023 16:56 WIB

Acara LGBT Se-ASEAN di Jakarta, Polisi Masih Telusuri Kebenarannya

Ada kabar aktivis dan komunitas LGBT se-ASEAN kumpul di Jakarta pada 17-21 Juli 2023.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Kepolisan Resor Metro Jakarta Pusat (Kapolrestro Jakpus), Kombes Komarudin.
Foto: Dok Polda Metro Jaya
Kepala Kepolisan Resor Metro Jakarta Pusat (Kapolrestro Jakpus), Kombes Komarudin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Komarudin mengaku, jajarannya masih belum mengetahui adanya rencana komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) se-ASEAN bakal menggelar kumpul bareng di Jakarta. Rencananya acara bertajuk ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) itu digelar di Jakarta pada 17-21 Juli 2023.

"Saya belum monitor. Ini saya sama Dirintel dia juga belum tahu," ujar Komarudin saat dikonfirmasi mengenai gelaran AAW tersebut di Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Baca: Waka MPR Minta Aparat Bubarkan Pertemuan LGBT se-ASEAN di Jakarta

Bahkan, kata Komarudin, pihaknya juga sedang mencari informasi mengenai acara AAW yang menuai berbagai kecaman elemen masyarakat tersebut. Dia juga meminta agar dikirim flyer acara tersebut untuk ditelusuri kebenarannya. "Saya sama Dirintel, belum tahu. Kalau ada flyer-nya coba kirim saya," ungkap Komarudin.

Acara tersebut diorganisasi oleh ASEAN SOGIE Caucus, organisasi di bawah Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2021, bersama Arus Pelangi dan Forum Asia. Panitia acara ini tidak menyebutkan lokasi tepatnya acara ini. Namun, mereka telah memberikan informasi apa saja kegiatan yang dilakukan selama lima hari.

"Apakah kalian aktivis queer yang berbasis di Malaysia, Thailand, Laos, Singapura, dan negara lain di Asia Tenggara? Mari bergabung bersama kami dalam ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) Juli ini,'' kata ASEAN SOGIE Caucus dalam pengumuman di Instagram, @aseansoegicaucus dikutip Republika.co.id di Jakarta, Senin (10/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement