Rabu 12 Jul 2023 07:00 WIB

Serap Gas Bumi 500-550 BBTUD Jabar, Andil PGN Penuhi Kebutuhan Energi Penggerak Ekonomi

Energi yang lebih kompetitif dan ramah lingkungan dapat menjadi penggerak produksi.

Red: Gita Amanda
awa Bagian Barat merupakan salah satu wilayah operasi PGN dengan utilisasi gas bumi sebesar 500-550 BBTUD.
Foto: PGN
awa Bagian Barat merupakan salah satu wilayah operasi PGN dengan utilisasi gas bumi sebesar 500-550 BBTUD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jawa Bagian Barat merupakan salah satu wilayah operasi PGN dengan utilisasi gas bumi sebesar 500-550 BBTUD yang telah dirasakan sektor industri, komersial maupun rumah tangga di wilayah Jawa Bagian Barat.

Utilisasi gas bumi ini pun turut berkontribusi positif dalam menggerakkan perekonomian yang berdampak pada terciptanya efisiensi produksi di sektor industri dan komersial maupun penghematan belanja rumah tangga.

Baca Juga

Wilayah operasi Jawa Bagian Barat yang berada di tiga provinsi yakni Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten ini dikelola oleh PGN Sales Operation and Region II atau PGN SOR II, dengan cakupan pengelolaan penyaluran gas bumi ke 1.441 Pelanggan sektor komersial industri yang menyerap 324,23 BBTUD dan 9 pelanggan korporat sektor ketenagalistrikkan sebesar 201,25 BBTUD.

Tidak hanya itu, penyaluran gas bumi sebagai energi baik juga dilakukan ke sektor rumah tangga sejumlah 228.036 Sambungan Rumah (SR) dan 786 pelanggan kecil/ UMKM.  “Kehandalan penyaluran gas bumi di Jawa Bagian Barat didukung dengan infrastruktur PGN yang terintegrasi, termasuk infrastruktur pipa gas, FSRU serta agregasi multi pasokan baik gas pipa maupun gas LNG. Hal ini yang memberi kehandalan penyaluran gas kepada pelanggan,” jelas General Manager SOR II Sonny Rahmawan Abdi, Selasa (11/7/2023).