Selasa 11 Jul 2023 19:01 WIB

Kisah Pengguna Jenius Viral: Uang Hilang Tiba-Tiba Hingga 'Kapok' Pakai Aplikasi

Pengguna Jenius Ariefatosa Firdaus mengungkapkan kisahnya lewat Twitter.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Pekerja menjalankan aplikasi Jenius. Kisah pengguna Jenius yang kehilangan uang viral di media sosial.
Foto: Republika/ Tahta Aidilla
Pekerja menjalankan aplikasi Jenius. Kisah pengguna Jenius yang kehilangan uang viral di media sosial.

 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah kisah nasabah bank yang kehilangan uang mereka secara tiba-tiba, tampaknya selalu terjadi setiap tahunnya. Seperti salah satu kasus nasabah Jenius yang viral kemarin, Senin (10/7/2023), kehilangan uangnya sebesar Rp 7,5 juta.

Baca Juga

Dia adalah Ariefatosa Firdaus yang mengungkapkan kisahnya itu lewat akun Twitter miliknya @eosmate. Ia mengungkapkan pada 5 Juli 2023, ia menerima notifikasi penggunaan Jenius dengan nominal dalam bentuk dolar AS, yang jika dikonversikan ke rupiah menjadi Rp 7,5 juta.

Karena kejadian itu, ia langsung memblokir akun Jenius miliknya lewat aplikasi. Dalam notifikasi juga tertera bahwa ia berbelanja di Walmart Amerika Serikat. “Saya tidak pernah belanja di Walmart Amerika sana. Paling pol ya di depan Alfamart komplek aja,” ucap dia dalam cuitannya.

Arief juga me-retweet seseorang yang memiliki nasib serupa dengannya. “Mirip nih kasus saya juga sama ada transaksi siluman sebanyak 7x berturut-turut dalam 5 menit. Total dana terpotong 1,75 jutaan,” ungkap akun @julian_tyo.

Meski dana Arief telah dikembalikan pihak Jenius, rupanya hal serupa kembali terjadi. Kali ini transaksi pada 10 Juli 2023 yang hanya tertulis ‘Transaksi Keluar’ dengan nominal Rp 2,3 juta di mana ini bukan merupakan transaksi dari kartu, bahkan tidak ada notifikasinya.

“Tapi saat ini, sudah cukup. Saya keluarkan semua dana saya dari Jenius, dan saya harap Jenius mengembalikan dana saya sebesar Rp 2.346.858 yang ditarik untuk alasan yang saya tidak mengerti. Saya hanya satu dari sekian nasabah dengan masalah serupa. Perlu tahu, banyak DM masuk menyebutkan bahwa mengalami kejadian serupa. Ada yang 1.4 Juta, bahkan ada juga yg mengatakan hilang sampai 24 Juta. Gila? Ya, memang,” kata Arief dalam cuitan terbarunya yang ia unggah hari ini, Selasa (11/7/2023).

Kemudian, Arief memaparkan beberapa cerita yang masuk ke DM, para nasabah Jenius yang juga ditarik uangnya dari transaksi di luar negeri. Pada Oktober 2021, PT Bank BTPN pernah menutup sejumlah akses yang menggunakan aplikasi Jenius untuk menindaklanjuti banyaknya kasus uang nasabah yang lenyap secara misterius. Seperti salah seorang nasabah bernama Wirawan A Chandra yang kehilangan uang sekitar lebih dari Rp 200 juta.

Ia mengungkapkan ceritanya lewat Facebook dan menjadi viral pada Juli 2021. Saat itu, pihak Bank BTPN segera memblokit akun Wirawan untuk mencegah penarikan tidak diinginkan lainnya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement