Selasa 11 Jul 2023 19:25 WIB

5 Penyebab Sholat tak Fokus dan Caranya Agar Khusyuk

Sholat adalah cara mengendalikan diri menjadi lebih baik.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi melaksanakan sholat.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ilustrasi melaksanakan sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat adalah sarana komunikasi langsung antara hamba dengan Allah. Melakukan sholat dengan khusyuk menunjukkan keikhlasan kita kepada-Nya. Dengan memfokuskan pikiran dan hati kita pada ibadah tersebut, kita dapat merasakan kehadiran Allah dengan lebih intens dan mendekatkan diri kepada-Nya.

Namun, terkadang ada hal-hal yang menyebabkan kita tidak khusyuk dalam melaksanakan sholat. Hal itu bisa disebabkan oleh diri sendiri atau pengaruh dari orang lain. Dalam buku “Bagaimana Cara Fokus Dalam Sholat” karya P Djunaidi dijelaskan, setidaknya ada lima sebab yang membuat orang tidak bisa fokus dalam sholat.

Baca Juga

1. Sholat menggunakan pakaian dan atribut yang dapat mengganggu. Contoh pakaian bergambar atau motif yang menimbulkan orang ingin memandangnya.

2. Sholat sembari menahan keinginan sehingga bisa mengganggu pikiran dan tidak tenang seperti buang hajat atau lapar.

3. Sholat berhadapan dengan benda yang mengganggu. Syarat utama sholat adalah suci sehingga bisa dilakukan dimanapun. Dan sebisa mungkin tidak akan terganggu dengan hal lain. seperti sholat depan TV.

4. Terlalu sering berbicara dan berdebat. Orang yang terlalu sering berbicara apalagi berdebat dekat dengan kesalahan ucapan yang bisa mengeraskan hati.

5. Tidak memperhatikan penyebab datangnya kekhusyukan. Sehingga ia tidak bersemangat, tidak tulus, tidak pelan-pelan, tidak berusaha menyempurnakan sholat, dan lain sebagainya.

Setelah mengetahui sebab-sebab tidak khusyuknya sholat di atas, lalu bagaimana caranya agar khusuk dalam sholat?

Berikut beberapa tipsnya:  

1. Memperbaiki tata cara sholat

Agar khusyuk sholat, umat Islam harus memperbaiki tata cara sholatnya dari waktu ke waktu dan tidak asal-asalan dalam melaksanakannya. Sholat hendaknya dilakukan dengan tenang dan tidak terburu-buru.

2. Niat tulus

Agar bisa khusyuk, umat Islam harus benar-benar memiliki niat tulus. Katakanlah dalam hati setiap akan melaksanakan sholat  bahwa “Saat ini saya benar-benar ingin melaksanakan sholat Subuh dan sebagainya.”

3. Hati mengikuti gerakan sholat

Saat melaksanakan sholat, hendaknya hati juga mengikuti gerakan demi gerakan yang dilakukan oleh badan. Fokuslah pada setiap gerakan bersama dengan hati, sehingga tidak berpaling pada sesuatu di luar sholat.

4. Mendalami makna dalam bacaan sholat

Sebab lain tidak khusyuk dalam melaksanakan sholat adalah karena tidak mengetahui arti dari lafadz yang dibaca. Maka, mulailah memahami makna setiap bacaan kita yang kita ucapkan dalam sholat.

5. Fokuskan mata ke tempat sujud

Agar bisa khusyuk dalam sholat, fokuskan mata pada tempat sujud dari awal hingga akhir dan tidak melirik ke mana-mana. Dengan begitu, semua jiwa dan raga kita seakan-akan menghadap kepada Allah.

6. Pusatkan pikiran hanya kepada Allah

Jika ingin sholatnya khusyuk, netralkan pikiran dari berbagai hal yang bersifat duniawi. Pikiran orang yang sholat harus dipusatkan hanya kepada-Nya.

7. Menganggap sholat terakhir

Agar bisa khusyuk saat mengerjakan sholat, anggaplah sholat yang sedang dikerjakan itu sebagai sholat yang terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement