Selasa 11 Jul 2023 23:50 WIB

Golkar Buka Opsi Bentuk Poros Baru

Golkar masih menunggu pergerakan dari partai lain.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus.
Foto: Republika/Prayogi.
Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Lodewijk F Paulus mengatakan pihaknya terbuka dengan peluang membentuk poros keempat untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Namun untuk saat ini, partai berlambang pohon beringin itu tengah memantau pergerakan bakal calon presiden (capres) dari koalisi yang sudah ada.

"Ya itu kan (pembentukan poros keempat) sebagai salah satu opsi ya. Untuk itu, jadi kita tunggu pergerakan-pergerakan dari para calon presiden, termasuk seorang Airlangga Hartarto, kita tunggu bulan Agustus," ujar Lodewijk di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/7/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, Partai Golkar pasti sudah mengambil keputusan terkait Pilpres 2024 pada Agustus mendatang. Mengingat, pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dibuka pada Oktober 2023.

Partai Golkar juga sampai saat ini masih mendorong Airlangga maju sebagai bakal capres untuk Pilpres 2024. Hal tersebut merupakan keputusan musyawarah nasional (Munas) yang dikuatkan dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada 2021.