Rabu 12 Jul 2023 13:51 WIB

Misteri Galaksi dengan Fenomena Kosmik Unik

Fenomena kosmik unik ditemukan teleskop Webb.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Natalia Endah Hapsari
Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap beberapa fenomena kosmik unik di galaksi yang dijuluki CEERS 1019./ilustrasi
Foto: NASA
Teleskop Luar Angkasa James Webb NASA telah menangkap beberapa fenomena kosmik unik di galaksi yang dijuluki CEERS 1019./ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Para astronom menemukan beberapa fenomena kosmik unik di galaksi yang dijuluki CEERS 1019. Pengamatan dilakukan menggunakan teleskop luar angkasa James Webb, yang baru-baru ini ditunjuk untuk meneliti 100.000 galaksi yang relatif muda.

Di antara objek kosmik, kategori muda yakni berusia 570 juta tahun setelah terjadinya Big Bang yang membentuk alam semesta. Kemampuan teleskop Webb untuk menangkap energi yang sangat redup memungkinkan peneliti mengamati CEERS 1019.

Baca Juga

"Melihat objek yang jauh dengan teleskop ini sangat mirip dengan melihat data dari lubang hitam yang ada di galaksi dekat kita," ujar Rebecca Larson, seorang astronom di University of Texas di Austin, dikutip dari laman Mashable SEA, Rabu (12/7/2023).

CEERS 1019 dan lubang hitamnya unik karena sejumlah alasan. Ada kemungkinan itu bukan hanya satu galaksi. Selama ini, sebagian besar galaksi muncul sebagai piringan tunggal. Namun, CEERS 1019 terdiri dari tiga gumpalan terang.