Rabu 12 Jul 2023 15:06 WIB

Ungkap Peran Strategis Koperasi, Khofifah: Berkontribusi 58,3 Persen ke Ekonomi Jatim

Jumlah koperasi bersertifikat di Jatim sebanyak 13.316 unit.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq
ilustrasi:koperasi syariah - Seorang teller melayani nasabah di Koperasi Serba Usaha (KSU)  ilustrasi
Foto: Republika/Aditya Pradana Putra
ilustrasi:koperasi syariah - Seorang teller melayani nasabah di Koperasi Serba Usaha (KSU) ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh elemen strategis menjadikan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) sebagai momen menyatukan langkah memajukan koperasi di Jatim. Apalagi, kata dia, koperasi menjadi salah satu kunci pengungkit kesejahteraan masyarakat setempat.

"Peran koperasi sangat strategis bagi pertumbuhan ekonomi Jatim. Berdasarkan data, koperasi, dan UMKM memberikan kontribusi hingga 58,36 persen terhadap pertumbuhan ekonomi di Jatim," kata Khofifah, Rabu (12/7/2023).

Khofifah mengungkapkan, total ada 22.388 unit koperasi aktif di Jatim. Jumlah koperasi di Jatim ini merupakan yang terbanyak secara nasional. Jika dipersentasekan, jumlah koperasi Jatim mencakup 17 persen dari total koperasi di Indonesia.

Khofifah melanjutkan, tidak hanya unggul dari segi kuantitas, koperasi Jatim juga ditunjang kualitas yang diwujudkan dengan kepemilikan sertifikat. Di mana berdasarkan data Dinkop dan UKM Jatim per triwulan II/ 2023, koperasi bersertifikat di Jatim berjumlah 13.316 unit.