Rabu 12 Jul 2023 15:53 WIB

Sleman Temple Run Kembali Digelar, Target Diikuti 1.000 Peserta

Pengembangan destinasi wisata melalui sport tourism meningkatkan daya perekonomian.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Gita Amanda
Sleman Temple Run akan kembali digelar pada 5 November 2023 mendatang. (ilustrasi).
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Sleman Temple Run akan kembali digelar pada 5 November 2023 mendatang. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Sleman Temple Run akan kembali digelar pada 5 November 2023 mendatang. Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengatakan event tahunan tersebut ditargetkan diikuti 1.000 peserta.

"Harapan kami 1.000 bisa tercapai. Karena event running lainya yang tidak memamerkan keindahan wisata bisa tercapai. Kami yakin ini akan tercapai," kata Danang dalam konferensi pers di Alana Hotel, Sleman, Rabu (12/7/2023).

Baca Juga

Danang mengatakan tujuan utama digelarnya Sleman Temple Run adalah untuk meningkatkan kunjungan dan daya tarik wisatawan. Sebab menurutnya pengembangan destinasi wisata melalui sport tourism meningkatkan daya perekonomian.

"Apalagi lifestyle lari ini jadi daya tarik bagi masyarakat pecinta olahraga. Bahkan Sleman di event running tak terhitung. Nyatanya pesertanya sangat banyak. Antusiasmenya sangat banyak," ungkapnya.

Danang menuturkan Sleman Temple Run pada tahun 2022 lalu diikuti 700-an peserta. Yang membedakan Sleman Temple Run dengan event running lainnya yaitu keunikan rute yang dilalui peserta.

"Lokasi yang akan kita lewati konsepnya masih seperti dulu kita start finish di Candi Banyunibo. Tetapi ada rute pembeda kita akan lewatkan masuk Kraton Ratu Boko. Ini menarik wisatawan, terutama asing karena lari sambil menikmati cagar budaya," ucapnya.

Adapun kategori jarak yang dihadirkan pada Sleman Temple Run 2023 kali ini yaitu 5K, 15K, dan 30K. Untuk kategori 5K peserta cukup membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 200 ribu (early bird), dan Rp 250 ribu (reguler). Kategori 15K peserta membayar Rp 350 ribu (early bird) dan Rp 450 ribu (reguler). Sedangkan untuk kategori 30K, peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500 ribu (early bird) dan Rp 600 ribu (reguler). 

Pendaftaran dilakukan secara online. Peserta yang mendaftarkan diri di bulan Juli akan dikenakan tarif early bird. Sedangkan peserta yang mendaftar di bulan Agustus akan dikenakan tarif reguler.

Adapun hadiah yang ditawarkan yakni untuk kategori 5K,  juara I akan mendapatkan trofi dan uang tunai Rp 4 juta, juara II mendapat uang tunai Rp 2 juta,  dan Rp 1 juta untuk juara III. Untuk kategori 15K, juara I akan mendapatkan trofi dan uang tunai Rp 6 juta, juara II mendapat uang tunai Rp 4 juta,  dan Rp 2 juta untuk juara III. Untuk kategori 30K, juara I akan mendapatkan trofi dan uang tunai Rp 8 juta, juara II mendapat uang tunai Rp 6 juta,  dan juara III mendapatkan Rp 4 juta. 

 

Ada foto

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement