Rabu 12 Jul 2023 20:56 WIB

Biaya Kuliah Jalur Mandiri PTN Mahal, Anak dari Keluarga Kurang Mampu Harus Bagaimana?

Keterbatasan biaya membuat anak dari keluarga tak mampu tak bisa jajal jalur Mandiri.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Pelaksanaan ujian jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru UIN Walisongo, Semarang, Jateng, Rabu (5/7/2023).
Foto: dok. Republika
Pelaksanaan ujian jalur mandiri penerimaan mahasiswa baru UIN Walisongo, Semarang, Jateng, Rabu (5/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Impian lulusan sekolah menengah atas/kejuruan untuk melanjutkan studi kadang terbentur oleh keterbatasan biaya. Bagaimana solusinya jika demikian?

Ketika kendala biaya mengadang, orang tua dari alumnus SMA/SMK akan kesulitan dengan biaya kuliah andaikan masuk lewat jalur Mandiri. Berdasarkan pengalamannya mendampingi komunitas  orang tua dengan anak-anak kelas 12 dari berbagai sekolah di Indonesia untuk persiapan masuk perguruan tinggi negeri (PTN), Mutia Wisnu menyebut ada jalur masuk lain yang harus diupayakan tembus sejak awal.

Baca Juga

Mutia menjelaskan keringanan Uang Kuliah Tunggal (UKT) umumnya hanya tersedia di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Untuk jalur Mandiri, menurut Mutia, kebijakannya diserahkan ke tiap PTN, apakah masih ada alokasi untuk Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP Kuliah) dan keringanan UKT atau tidak.

"Berdasarkan hal tersebut, saya sebagai sesama orang tua dengan anak yang sudah kuliah menyarankan jika ada keterbatasan dana maka prioritaskan agar anak lolos di jalur SNBP atau SNBT atau Seleksi Kedinasan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai PTN, Politeknik Negeri, dan Sekolah Kedinasan di seluruh Indonesia," ujar Mutia kepada Republika.co.id, Rabu (12/7/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement