Rabu 12 Jul 2023 22:19 WIB

Gejala Kanker Hati tak Muncul di Tahap Awal, Kapan Harus Waspada?

Makin cepat gejalanya terdeteksi, tingkat keberhasilan pengobatan kanker kian tinggi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Sakit perut (ilustrasi). Hati adalah organ terbesar kedua di tubuh setelah kulit, letaknya tepat di bawah paru-paru kanan.
Foto: www.pixahive.com
Sakit perut (ilustrasi). Hati adalah organ terbesar kedua di tubuh setelah kulit, letaknya tepat di bawah paru-paru kanan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ahli memperingatkan rasa nyeri atau ketidaknyamanan setelah makan bisa menjadi tanda kanker hati. Gejala seperti gangguan pencernaan umum terjadi pada orang dengan penyakit ini.

Menurut National Health Service (NHS) di Inggris, orang paling sering mengalami mulas, kembung, mual, dan muntah. Selain itu, merasa cepat kenyang setelah mengemil atau makan kecil juga dilaporkan menjadi salah satu tanda.

Baca Juga

Tanda-tanda ini dapat dengan mudah diabaikan sebagai gangguan pencernaan, yang biasanya tidak berbahaya. Namun, penting untuk mewaspadai potensi bahayanya karena kanker hati sulit dikenali. Gejala sering tidak muncul sama sekali pada tahap awal. Begitu muncul, Anda harus bertindak cepat.

Dilansir The Sun pada Selasa (11/7/2023), NHS mengatakan tanda-tanda yang mudah diabaikan yang dapat memengaruhi pencernaan Anda meliputi:

1. Merasa sakit atau sedang kesakitan.

2. Nyeri di sisi kanan atas perut atau di bahu kanan.

3. Gejala gangguan pencernaan, seperti cepat merasa kenyang saat makan.

4. Perut sangat bengkak, yang tidak berhubungan dengan saat Anda makan.

Secara lebih luas, indikator lain meliputi:

1. Penurunan berat badan (lebih dari lima persen dari berat normal Anda selama enam sampai 12 bulan)

2. Menguningnya kulit dan bagian putih mata (jaundice)

3. Demam

4. Gatal

5. Kencing lebih gelap dan kotoran lebih pucat

6. Merasa sakit

7. Kehilangan selera makan

8. Benjolan di sisi kanan perut Anda

9. Merasa umumnya tidak sehat atau memiliki gejala seperti flu

Gejala-gejala itu tidak berarti Anda menderita kanker hati, atau Anda benar-benar tidak dalam kondisi sehat. Namun, jika gejala itu bertahan selama lebih dari dua pekan, maka Anda harus menemui dokter umum.

Seorang juru bicara Cancer Research UK (CRUK) mengatakan Anda bisa segera menemui dokter umum jika khawatir tentang gejalanya.

"Gejalanya mungkin bukan karena kanker. Tapi, jika ya, semakin cepat terdeteksi, tingkat keberhasilan pengobatannya semakin tinggi," kata perwakilan CRUK.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement