Rabu 12 Jul 2023 22:25 WIB

Baca Surat Ini Sebelum Tidur Agar Diberikan Allah SWT Keselamatan

Surat Al Mulk mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya.

Rep: Umar Mukhtar / Red: Nashih Nashrullah
Tidur (ilustrasi). Surat Al Mulk mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya
Foto: Pixabay
Tidur (ilustrasi). Surat Al Mulk mempunyai sejumlah keutamaan bagi pembacanya

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA – Ada surat yang perlu dibaca oleh setiap Muslim sebelum rebahan di kasur untuk tidur di malam hari. Di balik surat ini ada begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh, sebagaimana tuntunan di masa Nabi Muhammad SAW.

 

Baca Juga

 

Surat yang dimaksud adalah surat Al Mulk. Ini adalah surat yang biasa dibacakan oleh para sahabat di masa Nabi Muhammad SAW. Bahkan ada sebutan tersendiri untuk surat Al Mulk karena keutamaan besarnya. Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas'ud RA, dia berkata:

 

 

من قرأ تبارك الذي بيده الملك كل ليلة منعه الله عز وجل بها من عذاب القبر، وكنا في عهد رسول الله صلى الله عليه وسلم نسميها المانعة، وإنها في كتاب الله عز وجل، سورة من قرأ بها في كل ليلة فقد أكثر وأطاب . رواها النسائي 

 

"Siapa yang membaca tabarokalladzi bi yadihil mulk (surat Al Mulk) setiap malam maka Allah SWT akan menyelamatkannya dari siksa kubur. Kami (para sahabat Nabi SAW) di masa Rasulullah SAW menamakan surat tersebut 'Al Mani'ah' (penyelamat dari siksa kubur). Ini adalah surat dalam Alquran yang siapa pun yang membacanya setiap malam, maka ia telah berbuat kebaikan dan memperbanyaknya" (HR An Nasa'i)

Dalam hadits lain yang diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda:

 

 

عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: «مِنَ القُرْآنِ سُورَةٌ ثَلاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِي: تبارك الذي بيده الملك». وفي رواية أبي داود: «تشفع». [رواه أبو داود والترمذي وابن ماجه وأحمد]

 

"Sesungguhnya ada surat dari Kitab Allah (Alquran), tidaklah surat tersebut melainkan hanya berisi 30 ayat, surat tersebut memberikan syafaat (pertolongan) kepada seseorang sehingga mengeluarkannya pada hari kiamat dari api neraka dan memasukkannya ke surga, yaitu Surat Tabarak (Al Mulk)" (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

 

Hadits riwayat Jabir bin Abdullah RA menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW tidak tidur kecuali sebelumnya membaca dua surat ini. Salah satu surat tersebut adalah Al Mulk.

 

 

عن جابر «أن النبي صلى الله عليه وسلم كان لا ينام حتى يقرأ الم تنزيل، وتبارك الذي بيده الملك

 

 

Dari Jabir bin Abdullah RA, dia berkata, "Tidaklah Nabi SAW tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (surah As Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (Surat Al Mulk)" (HR At Tirmidzi). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement