Jumat 14 Jul 2023 17:44 WIB

Inkoppas, Sinolib, dan Caesiumlab, Berkomitmen Wujudkan Ketahanan Pangan dan Energi

Koperasi terdepan merealisasikan ketahanan pangan dan energi.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi kerja sama Inkoppas, Sinolib, dan Caesiumlab.
Foto: dok web
Ilustrasi kerja sama Inkoppas, Sinolib, dan Caesiumlab.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koperasi menjadi unit ekonomi strategis untuk mewujudkan ketahanan pangan dan energi. Mereka membangun dan mengembangkan sumber daya yang masuk ke berbagai wilayah untuk mengelola kedua hal tersebut.

Upaya mewujudkan dan memaksimalkan hal tersebut dilakukan oleh Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas), Sinolib dan Caesiumlab. Mereka menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepakatan kerjasama untuk pengembangan perkebunan terpadu di Indonesia.

Baca Juga

Penandatanganan MoU dilakukan pada puncak peringatan Hari Koperasi Indonesia, di Jakarta, pada Rabu, 12 Juli 2023, disaksikan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki. Ditandatangani oleh Ketua Umum Dekopin Dr. Sri Untari Bisowano, Ketua Umum Induk Koperasi Pedagang Pasar (Inkoppas) Yudianto Tri,  Managing Director SINOLIB Michael Soh, dan Dr. Manivanan (Managing Director CAESIUM LAB)

“Kerjasama ini akan mengembangkan pertanian dengan komoditas utama sorgum, tebu, singkong dan potensi tanaman unggulan lain, menyesuaikan dengan kondisi tanah dan cuaca di daerah setempat,” ujar Ketua Umum Inkoppas, Yudianto Tri, kepada wartawan, saat konfrensi pers di Jakarta, Jumat (14/7/2023).