Sabtu 15 Jul 2023 00:28 WIB

Segudang Khasiat Nanas: Ampuh Turunkan Kolesterol Hingga Tingkatkan Sistem Imun

Berbagai vitamin dalam nanas berfungsi menangkal radikal bebas. Disertai resep jus nanas sirsak.

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Partner
.
Foto: network /Ani Nursalikah
.

Petani memanen buah<a href= nanas di sentra pertanian nanas di Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Segudang Khasiat Nanas, Ampuh Turunkan Kolesterol Hingga Tingkatkan Sistem Imun. Foto: Harviyan Perdana Putra/ANTARA FOTO" />
Petani memanen buah nanas di sentra pertanian nanas di Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Segudang Khasiat Nanas, Ampuh Turunkan Kolesterol Hingga Tingkatkan Sistem Imun. Foto: Harviyan Perdana Putra/ANTARA FOTO

MAGENTA -- Buah yang satu ini kulitnya berduri. Rasanya yang manis dan segar digemari banyak orang.

Nanas memiliki nama latin Ananas cosmosus. Nanas tumbuh subur di daerah tropis.

BACA JUGA: Resep Herbal Prof Hembing: Kunyit dan Bunga Mawar Atasi Tidur Mendengkur

.

Nanas berasal dari benua Eropa dan menyebar ke penjuru dunia termasuk Indonesia. Daging buah nanas mengandung zat aktif yang bermanfaat bagi kesehatan.

Kandungan serat yang ada pada nanas guna untuk melancarkan buang air besar (laktasif), mengatur kadar kolesterol darah, dan mengatur kadar gula darah. Dikutip dari buku Khasiat Buah Sayur Tumpas Segala Penyakit oleh Anggi Swastika, mengonsumsi nanas sangat baik untuk orang yang mempunyai riwayat sakit persendian.

Pasalnya, kandungan beragam vitamin dalam nanas mampu mengurangi atau meminimalisir rasa nyeri pada persendian. "Bagi Anda yang bermasalah dengan persendian, sangat dianjurkan mengonsumsi nanas secara tepat dan teratur," tulis Anggi dalam bukunya yang diterbitkan oleh Shira Media Yogyakarta.

Selain itu, nanas juga mampu menurunkan kadar kolesterol darah sehingga kolesterol tidak menumpuk dalam tubuh dan membahayakan kesehatan. Kandungan bromelin pada nanas juga bisa mencegah peradangan, antinyeri, dan antikanker. Nanas juga baik untuk mengurangi potensi sakit bronkitis, sinusitis, radang sendi, dan radang tenggorokan.

Hasil penelitian Hale dan Secor Jr. tahun 2005 menyebut kandungan bromelin dalam nanas mampu meningkatkan sistem imun, terutama meningkatkan kadar limfosit tubuh. Berbagai vitamin dalam nanas berfungsi menangkal radikal bebas serta menurunkan risiko terserang beragam penyakit.

BACA JUGA: Khasiat Daun Salam Bisa untuk Obat Diabetes, Asam Urat, dan Radang Lambung

Mitos ibu hamil makan nanas...


Ibu Hamil Boleh Makan Nanas?

Petani memanen buah nanas di sentra pertanian nanas di Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Segudang Khasiat Nanas, Ampuh Turunkan Kolesterol Hingga Tingkatkan Sistem Imun. Foto: Harviyan Perdana Putra/ANTARA FOTO
Petani memanen buah nanas di sentra pertanian nanas di Belik, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Segudang Khasiat Nanas, Ampuh Turunkan Kolesterol Hingga Tingkatkan Sistem Imun. Foto: Harviyan Perdana Putra/ANTARA FOTO

Mengonsumsi nanas secara teratur juga bisa mengurangi keluarnya asam lambung berlebihan, meluruhkan kencing, membersihkan jaringan kulit yang mati, menghambat penggumpalan trombosit, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

Pada zaman dulu saat Christopher Columbus memperkenalkan buah nanas ke Spanyol, orang Spanyol menyebut buah nanas dengan sebutan pine cone karena bentuknya mirip dengan biji pinus. Nanas menjadi populer di kalangan pelaut spanyol karena ampuh sebagai obat kudis.

BACA JUGA: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Arab, Latin, dan Terjemahan

.

Sementara, di Indonesia ada mitos wanita hamil tidak boleh memakan buah nanas karena bisa menyebabkan keguguran. Ternyata salah, sebab tidak ada bukti ilmiah mengenai hal tersebut.

Justru nanas mengandung enzim bromalin yang dapat mencerna protein dalam makanan sehingga lebih mudah terserap tubuh, otomatis janin juga tumbuh secara optimal. Memang, untuk wanita yang hamil muda tidak dianjurkan mengonsumsi buah nanas muda bisa membahayakan kandungannya.

Kandungan gizi yang terdapat pada nanas adalah vitamin A, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, kalsium, natrium, fosfor, pektin, besi, mineral, karoten, magnesium, karbohidrat, nntioksidan, serat, lemak, tiamin, air, kalium, protein, dan sukrosa.

Cara Membuat Jus Nanas Sirsak

Bahan:

1. Siapkan 100 gr nanas

2. Siapkan 100 gr sirsak

3. Siapkan 50 gr jeruk mandarin, ambil sari jeruknya

4. Siapkan dua sendok makan madu

5. Siapkan air matang secukupnya

Cara membuat:

1. Masukkan semua bahan ke dalam blender kemudian proses hingga halus.

2. Jika terlalu kental, tambahkan air matang secukupnya.

3. Pindahkan dalam gelas, dan sajikan. (MHD)

BACA JUGA:

Hadits Lalat Tercelup di Minuman, Shahih atau Palsu?

Benarkah Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati Keturunan Tionghoa?

Kocak, Pak AR Fachruddin Lulus Bikin SIM Meski Motor Dituntun Saat Praktik

Pernah Dengar Daun Binahong? Ternyata Bisa Mengobati Jerawat, Eksim, dan Diabetes

Kocak, Cerita Pak AR Nasihati Jamaah Haji yang BAB di Wastafel

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement