Sabtu 15 Jul 2023 23:02 WIB

Jangan Salah Pilih, Ini Tips Pilih Investasi Reksa Dana Saham Jelang Akhir Tahun

Investor bisa memilih reksa dana saham dengan strategi high conviction dan core.

Red: Fuji Pratiwi
Investasi reksadana
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Investasi reksadana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Katarina Setiawan mengatakan, bagi investor dengan horizon investasi jangka panjang, saat ini potensi hasil investasi di pasar saham terlihat menarik. Bagi investor jangka panjang yang ingin berinvestasi di pasar saham, dapat juga melakukannya melalui investasi di reksa dana saham.

Katarina menyarankan investor memilah investasi di reksa dana saham dengan strategi high conviction (yang pemilihan sahamnya lebih fleksibel, dengan deviasi lebih besar terhadap indeks acuan) serta strategi core (yang pemilihan sahamnya tidak berdeviasi jauh dari indeks acuan).

Baca Juga

"Masing-masing strategi memiliki karakteristiknya," kata Katarin melalui keterangan tulis, belum lama ini.

Strategi high conviction berpotensi mencatat hasil lebih tinggi ketika pemilihan saham diapresiasi pasar. Namun, strategi ini juga cenderung menunjukkan volatilitas lebih tinggi dibandingkan strategi core. Strategi high conviction lebih cocok bagi investor dengan profil risiko agresif dan telah memiliki pengetahuan cukup terkait investasi di pasar saham.

"Investor sebaiknya melakukan pemilihan investasi sesuai dengan profil risiko, tujuan investasi, serta horizon investasi," kata Katarina.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement