Ahad 16 Jul 2023 17:02 WIB

Dua Gol Carlos Fortes Bawa PSIS Kalahkan Persebaya

Hasil ini mengatrol posisi PSIS ke peringkat lima dengan nilai enam.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Israr Itah
Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Fortes.
Foto: ANTARA/Aji Styawan
Pesepak bola PSIS Semarang Carlos Fortes.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG-- PSIS Semarang mengalahkan Persebaya Surabaya 2-0 pada pekan ketiga Liga 1 Indonesia, di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Ahad (16/7/2023). Gol kemenangan Mahesa Jenar dicetak oleh Carlos Fortes.

Hasil ini mengatrol posisi PSIS ke peringkat lima dengan nilai enam. Sementara Persebaya tepat berada di bawahnnya dengan poin empat dari tiga laga.

Baca Juga

Permainan berjalan dengan tempo sedang. Mereka tampak bermain lebih bersabar dan hati-hati untuk langsung menusuk ke area pertahanan lawan masing-masing. Persaingan lini tengah berlangsung ketat yang membuat aliran bola ke depan dari masing-masing tim cukup kesulitan.

Pergerakan Taisei Marukawa di sisi kiri pertahanan Persebaya cukup merepotkan pertahanan. Namun kedisiplinan pemain Persebaya membuat Marukawa kesulitan menusuk ke area penalti atau memberikan umpan silang.

Pada menit ke-16, Ze Valente mencoba melakukan tembakan keras dari lua kotak penalti. Tetapi tembakannya tipis di atas mistar gawang PSIS. Memasuki menit ke-20  tempo permainan menjadi lebih meningkat. Tuan rumah beberapa kali melakukan pergerakan yang mengancam pertahanan Persebaya lewat Fortes dan Marukawa.

Kerja sama Fortes dengan Marukawa pada menit ke-24 nyaris berbuah gol. Marukawa menyambut umpan cungkil Fortes ke area kotak penalti Persebaya. Namun penyelesaian akhir pemain asal Jepang tersebut masuh di atas mistar gawang Persebaya.

Dua menit berselang giliran Paulo Victor yang mendapatkan peluang ketika mendapatkan umpan tarik dari Yamamoto dari sisi kanan pertahanan PSIS. Tuan rumah berusaha meningkatkan tekanan kepada Persebaya lewat Marukawa, Septian David Maulana dan Fortes.

Pada menit ke-35, Marukawa kembali mendapatkan peluang di dalam kotak penalti ketika mendapatkan umpan dari Septian David, tetapi tembakanya melambung di atas mistar. Kedua tim tak mampu mencetak gol hingga babak pertama berakhir dengan skor 0-0.

Tempo permainan menjadi lebih cepat di babak kedua. Persebaya beberapa kali mengeksplotasi sisi kanan pertahanan PSIS. Namun pressing ketat membuat pemain Persebaya kesulitan mendekat ke area penalti tuan rumah. Pada menit ke-56, Ripal mencoba melepaskan tembakan dari luar kotak penalti tetapi bola mengarah tepat ke pelukan kiper PSIS.

Permainan disiplin yang diperagakan pemain Persebaya juga menyulitkan PSIS dalam membangun serangan. Upaya mereka seringkali berhasil dipatahkan di depan garis penalti. Pada menit ke-73, ada kemelut di garis penalti Persebaya ketika Fortes dan Zola melakukan kerjasama. Namun tembakan Fortes terlalu lemah dan bisa ditangkap sempurna oleh Ernando.

Tuan rumah unggul 1-0 melalui penalti Fortes pada menit ke-78. Tuan rumah mendapatkan hadiah penalti setelah Marukawa dilanggar oleh Ripa di kotak terlarang. Fortes dengan tenang mengarahkan bola ke tengah gawang yang tidak bisa diantisipasi oleh Ernando.

Peluang Persebaya menyamakan kedudukan dipastikan gagal ketika Fortes kembali mencetak gol keduanya di injury time. Gol kedua Fortes tersebut menutup kemenangan PSIS 2-0 atas Persebaya.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement