Senin 17 Jul 2023 15:58 WIB

Barito Putera Rebut Puncak Klasemen, Ini Respons Coach RD

Barito Putera sukses memetik tujuh poin dari tiga laga awal Liga 1.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan.
Foto: DOK Media Persija
Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PS Barito Putera tampil cukup mengejutkan di awal musim BRI Liga 1 2023/2024. Barito Putera sukses memetik tujuh poin dari tiga laga dengan rincian dua kali menang dan satu kali imbang.

Pelatih Barito Putera, Rahmad Darmawan, mengungkapkan performa impresif timnya di awal musim tak lepas dari improvisasi strategi dalam permainan. Pelatih yang akrab disapa Coach RD itu melakukan improvisasi di sektor sayap sebagai alternatif strategi untuk menyerang lini pertahanan lawan.

Baca Juga

Hal itu terbukti ampuh di tiga laga terakhir yang dilalui Barito Putera. Selain aktif dalam menyerang, RD juga menginstruksikan agar pemain sayap ikut menjaga keseimbangan tim dengan turun bertahan saat mendapat serangan balik dari lawan.

Ketika dua pemain sayap naik, ia meminta pemain belakang timnya untuk masuk mengisi pos yang ditinggalkan Murilo Mendes dan Rizky Pora. Pola permainan tersebut membuat sektor sayap Barito Putera begitu dinamis dalam menyerang maupun bertahan.

"Memang saya mengingatkan pemain untuk saling mengisi di sayap kanan dan kiri ketika Murilo (Mendes) dan Rizky Pora tahan di samping, maka saya persilakan bek boleh improvisasi masuk ke dalam," kata Coach RD dikutip dari Liga Indonesia Baru, Senin (17/7/2023).

Selanjutnya, kata RD, jika Rizky Pora dan Murilo di tengah, tentu bek memiliki kesempatan overlap lewat samping. "Alhamdulillah momentumnya bagus sekali ketika lawan menutup dari samping," ujarnya menambahkan.

Rahmad Darmawan menyatakan, improvisasi permainan yang berhasil diterapkan di PS Barito Putera tak lepas dari proses yang terus diasah baik di sesi latihan maupun saat pertandingan. "Kerja keras dilakukan semua pemain. Improvisasi memang dilakukan saat proses latihan dan beberapa kali pertandingan," kata RD.

Mengakhiri pekan ketiga, Barito Putera berada di posisi puncak klasemen sementara dengan perolehan tujuh poin, setelah sukses menaklukkan Persita Tangerang dengan skor 2-0, bermain imbang 1-1 melawan Persebaya Surabaya, dan menang 3-1 atas PSS Sleman. Poin yang sama dimiliki Dewa United FC di peringkat kedua.

Klasemen Liga 1 Musim 2024
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement