Senin 17 Jul 2023 18:52 WIB

Bukan Sekadar Ditembak, Begini Strategi Tangani Begal Gubernur Sumut

Gubernur Sumut: penanganan begal membutuhkan keterlibatan aparat lintas instansi.

Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi polisi mengamankan pelaku begal.
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Ilustrasi polisi mengamankan pelaku begal.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi mengatakan aksi begal yang belakangan kerap meresahkan masyarakat di wilayah ini harus dilawan bersama.

"Permasalahan begal harus dilakukan secara bersama-sama oleh lintas sektor," ujar Edy Rahmayadi, di Medan, Senin (17/7/2023)

Baca Juga

Menurut Edy, pemangku kebijakan terkait harus melakukan koordinasi bersama untuk memberantas aksi begal yang terjadi di Sumut ini.

"Dibutuhkan pasukan kecil seperti Satuan Satpol PP untuk memberantas begal. Kemudian, akan ditindaklanjuti bertingkat oleh aparat penegak hukum seperti kepolisian dan TNI," kata Edy.

Mantan Pangdam I Bukit Barisan ini menuturkan pihaknya telah menurunkan anggota Satpol-PP yang dilengkapi dengan "double stick" untuk terlibat aktif memberantas aksi begal tersebut.

"Sebagaimana yang sudah saya instruksikan beberapa hari yang lalu, seluruh personel Satpol PP Pemprov Sumut telah kita kerahkan ke beberapa titik di Kota Medan, Binjai dan sekitarnya untuk melaksanakan penindakan langsung dan deteksi dini terhadap kelompok-kelompok begal dan geng motor dalam rangka mewujudkan ketertiban dan keamanan di masyarakat," ujar Edy Rahmayadi.

Sementara itu, Kodam I Bukit Barisan membentuk tim khusus untuk memberantas aksi begal yang kerap meresahkan masyarakat Sumut itu.

"Oh iya, kami bentuk tim khusus untuk back up Polri atas permintaan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah)," ujar Kepala Penerangan Kodam I Bukit Barisan (Kapendam I/BB) Kolonel Inf Rico J Siagian.

Ia mengatakan aksi pelaku begal di Medan telah membuat resah masyarakat apalagi persoalan sampai merenggut nyawa kerap muncul dan viral di media sosial.

"Tim intelijen Kodam telah disebarkan untuk menjalankan misi tersebut, melalui Denintel Kodam I/BB telah siap untuk melakukan penindakan tegas terhadap para pelaku begal," kata Rico.

Sebelumnya, Wali Kota Medan Boby Nasution yang merupakan mantu Presiden Joko Widodo mengimbau aparat kepolisin menembak pelaku begal. Tujuannya untuk memberikan efek jera sehingga dapat menekan angka kejahatan tersebut dan menambah ketenangan masyarakat. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement