Senin 17 Jul 2023 20:08 WIB

Neraca Perdagangan Kembali Surplus, BI: Perkembangan Positif

Surplus neraca perdagangan Juni 2023 terutama didorong oleh surplus nonmigas.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Suasana bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/12/2022). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2023 surplus.
Foto: ANTARA FOTO/Didik Suhartono
Suasana bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (27/12/2022). Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2023 surplus.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat neraca perdagangan Indonesia pada Juni 2023 surplus sebesar 3,45 miliar dolar AS. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan surplus pada Mei 2023 sebesar 0,43 miliar dolar AS.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan Bank Indonesia memandang perkembangan tersebut positif. "Khususnya bagi upaya untuk terus menjaga ketahanan eksternal perekonomian Indonesia," kata Erwin dalam pernyataan tertulisnya, Senin (17/7/2023).

Baca Juga

Dia memastikan Bank Indonesia terus memperkuat sinergi kebijakan dengan pemerintah dan otoritas lain. Khususnya untuk terus meningkatkan ketahanan eksternal dan mendukung pemulihan ekonomi nasional.

Surplus neraca perdagangan Juni 2023 terutama didorong oleh peningkatan surplus neraca perdagangan nonmigas. Surplus neraca perdagangan nonmigas tercatat sebesar 4,42 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan surplus non migas bulan sebelumnya sebesar 2,25 miliar dolar AS.

Ekspor nonmigas tetap tinggi terutama bersumber dari peningkatan ekspor komoditas berbasis sumber daya alam seperti CPO dan besi baja seiring harga komoditas global yang masih tinggi. Ekspor nonmigas beberapa produk manufaktur juga tercatat meningkat, seperti ampas dan sisa industri makanan serta bahan kimia anorganik. 

Berdasarkan negara tujuan, BPS mencatat ekspor nonmigas ke China, Amerika Serikat, dan Jepang tetap merupakan kontributor utama terhadap total ekspor Indonesia. Sementara itu, defisit neraca perdagangan migas tercatat menurun dari 1,83 miliar dolar AS pada Mei 2023 menjadi 0,96 miliar dolar AS pada Juni 2023 sejalan dengan meningkatnya ekspor minyak mentah dan hasil minyak. 

 

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَرَفَعَ اَبَوَيْهِ عَلَى الْعَرْشِ وَخَرُّوْا لَهٗ سُجَّدًاۚ وَقَالَ يٰٓاَبَتِ هٰذَا تَأْوِيْلُ رُءْيَايَ مِنْ قَبْلُ ۖقَدْ جَعَلَهَا رَبِّيْ حَقًّاۗ وَقَدْ اَحْسَنَ بِيْٓ اِذْ اَخْرَجَنِيْ مِنَ السِّجْنِ وَجَاۤءَ بِكُمْ مِّنَ الْبَدْوِ مِنْۢ بَعْدِ اَنْ نَّزَغَ الشَّيْطٰنُ بَيْنِيْ وَبَيْنَ اِخْوَتِيْۗ اِنَّ رَبِّيْ لَطِيْفٌ لِّمَا يَشَاۤءُ ۗاِنَّهٗ هُوَ الْعَلِيْمُ الْحَكِيْمُ
Dan dia menaikkan kedua orang tuanya ke atas singgasana. Dan mereka (semua) tunduk bersujud kepadanya (Yusuf). Dan dia (Yusuf) berkata, “Wahai ayahku! Inilah takwil mimpiku yang dahulu itu. Dan sesungguhnya Tuhanku telah menjadikannya kenyataan. Sesungguhnya Tuhanku telah berbuat baik kepadaku, ketika Dia membebaskan aku dari penjara dan ketika membawa kamu dari dusun, setelah setan merusak (hubungan) antara aku dengan saudara-saudaraku. Sungguh, Tuhanku Mahalembut terhadap apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Dia Yang Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(QS. Yusuf ayat 100)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement