Senin 17 Jul 2023 22:27 WIB

Indonesia akan Jadi Tuan Rumah SEA V League 2023

SEA V League menjadi ajang Indonesia tambah pengalaman dan jam terbang.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Nora Azizah
Ketum PBVSI Imam Sudjarwo dalam Jumpa Pers Sea V League 2023, di Senayan City, Jakarta, Senin (17/7/2023).
Foto: Republiika/Rahmat Fajar
Ketum PBVSI Imam Sudjarwo dalam Jumpa Pers Sea V League 2023, di Senayan City, Jakarta, Senin (17/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia akan menjadi tuan rumah SEA VLeague 2023 putra yakni Liga Voli Indoor antar Negara Asia Tenggara pada 21-23 Juli 2023, di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto Sentul, Bogor. Event ini akan diikuti empat negara yakni Thailand, Vietnam, Filipina dan Indonesia.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP. PBVSI) Imam Sudjarwo menjelaskan alasan event ini hanya diikuti oleh empat negara dari 11 negara Asean. Ia mengakui event baru ini baru empat negara yang tertarik ikut. Tahun depan, katanya kemungkinan akan bertambah satu peserta lagi yakni Myanmar.

Baca Juga

Ia mengatakan, Indonesia akan menurunkan timnas Indonesia yang akan didukung oleh skuad LaVani sebagai juara Proliga 2023. Ia menegaskan ajang ini juga bentuk penghargaan kepada LaVani tampil di level internasional.

"Tentu ini untuk menambah pengalaman dan jam terbang," kata Sudjarwo dalam jumpa pers, di Senayan City, Jakarta, Senin (17/7/2023).

Setelah di Indonesia, pada pekan kedua liga ini akan dimainkan di Filipina yakni pada tanggal 28-30 Juli 2023. Pun dengan timnas putri akan mengikuti liga yang sama. Pekam pertama pada 4-6 Agustus 2023 akan dimainkan di Vietnam dan pekan kedua pada 11-13 Agustus di Thailand.

Pelatih Voli Indonesia untuk SEA VLeague 2023, Syamsul Jais mengatakan tim yang akan diturunkan merupakan gabungan dari LaVani dan beberapa pemain timnas. Ia bertekad di liga ini ingin membentuk timnas yang sangat tangguh.

"Event ini jalan untuk meningkatkan prestasi individu maupun tim. Dimana even ini sangat besar manfaatnya. Ini bagian dari membentuk timnas yang tangguh. Kami sudah memperaiapkannya," ujar Syamsul.

Dalam ajang ini, Syamsul akan memberikan kesempatan kepada beberapa pemain muda tampil. Tujuannya mereka dapat menambah pengalaman dan jam terbang. Saat ini proses seleksi sedang berlangsung dan hanya akan dipilih sebanyak 14 pemain.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement