Selasa 18 Jul 2023 16:34 WIB

Tips Dokter Hewan Agar Kucing Kesayangan Terhindar dari Penyakit

Memelihara kucing bukan perkara mudah, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Dokter hewan mencukur bulu seekor kucing sebelum diperiksa kesehatannya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kucing peliharaan tetap sehat.
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Dokter hewan mencukur bulu seekor kucing sebelum diperiksa kesehatannya. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar kucing peliharaan tetap sehat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kucing menjadi salah satu hewan yang sangat difavoritkan masyarakat Indonesia. Selain karena menggemaskan, kucing juga bisa memberi perhatian sehingga orang yang memeliharanya akan merasa nyaman dan tidak kesepian.

Namun demikian, memelihara kucing juga bukan perkara mudah. Siapapun yang memelihara kucing harus bisa mempersiapkan kebutuhan pangan hingga ruangan yang aman, sehingga kucing bisa tumbuh dengan baik dan terhindar dari penyakit.

Baca Juga

Dokter hewan yang bertugas di Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian RI, Rian Hari Susanto, mengatakan beberapa tips yang bisa dilakukan akan kucing yang dipelihara tetap sehat. Pertama, perhatikan pakannya, jangan biarkan kucing makan sembarangan seperti berburu tikus dan sejenisnya.

“Berikan pakan komersial saja yang sudah diformulasikan untuk kucing, biar tidak repot mikirin kebutuhan gizinya,” kata dr Rian saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (18/7/2023).

Dr Rian juga menyarankan agar kucing dipelihara di dalam ruangan. Hal itu dinilai penting untuk meminimalisasi kontaminasi dari luar, termasuk makan sembarangan, kawin sembarangan, merugikan tetangga, dan diculik.

Tips ketiga adalah menjaga kebersihan kucing dan membuang tinja kucing secara rutin. Jangan biarkan tinja kucing menumpuk sampai berhari-hari karena itu bisa memicu penyakit.

Dr Rian juga menyarankan untuk mensteril kucing, jika tidak berniat untuk mengembangbiakkan kucing. “Jangan lupa juga untuk memberikan vaksin kucing, dan bila ada gangguan kesehatan segera konsultasikan ke dokter hewan,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement