Selasa 18 Jul 2023 16:34 WIB

Sweater Ikonik Milik Lady Diana akan Dilelang

Semasa hidupnya Lady Diana telah menjadi ikon fashion dunia.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Nidia Zuraya
Putri Diana menggendong Pangeran Harry kecil.
Foto: dok Kerajaan Inggris via EPA
Putri Diana menggendong Pangeran Harry kecil.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Sweter merah dengan motif domba yang dikenakan oleh mendiang Putri Diana akan dilelang. Sweater berbahan wol ini menjadi penjualan utama di Ikon Mode online Sotheby pada September.

Lady Diana Spencer yang berusia 19 tahun difoto mengenakan pakaian tersebut pada pertandingan polo pada Juni 1981, setelah pertunangannya dengan Pangeran Charles, yang saat itu merupakan pewaris takhta Inggris. Diana telah menjadi ikon fashion, dan salah satu wanita yang paling banyak difoto di dunia. 

Baca Juga

Momen tersebut memberikan dorongan besar bagi desainer Sally Muir dan Joanna Osborne, yang membuat sweter untuk label pakaian rajut kecil mereka, Warm & Wonderful. Muir dan Osborne menerima surat resmi dari Istana Buckingham yang menjelaskan bahwa Diana telah merusak sweater tersebut.

Istana membawa sweater itu kepada Muir dan Osborne, serta menanyakan apakah sweater itu dapat diperbaiki atau diganti. Para desainer mengatakan, ada kerusakan pada lengan yang mungkin disebabkan tersangkut cincin pertunangan berlian dan safir Diana.

Sebuah sweter baru dirajut dan dikirim ke Istana Buckhingham. Diana difoto mengenakan sweater merah ikonik itu yang dipadukan dengan jeans putih dan dasi pita hitam di sebuah acara pada 1983.

Sweater itu memiliki motif domba berwarna putih. Di antara domba-domba putih itu, terselip satu domba berwarna hitam. Beberapa orang berspekulasi bahwa Diana menyukai pola "kambing hitam" karena dia merasa seperti orang luar di keluarga kerajaan. Emma Corrin menampilkan replika sweater itu dalam serial “The Crown” musim keempat.

Warm & Wonderful masih membuat desain sweater ikonik itu dalam versi katun, yang dijual seharga 190 pound atau 250 dolar AS. Osborne menemukan sweater yang asli disimpan dalam sebuah kotak di loteng awal tahun ini.

"Pakaian yang luar biasa ini diawetkan dengan cermat, dan membawa bisikan keanggunan, pesona, dan mata tajam Putri Diana terhadap mode," ujar Cynthia Houlton, global head of fashion and accessories Sotheby.

Sweater ini diperkirakan memiliki harga antara 50.000 dolar AS hingga 80.000 dolar AS. Sweater ikonik ini akan dipajang di showroom Sotheby's New York mulai 7-13 September. Sementara lelang secara online dibuka 31 Agustus  hingga 14 September. Pada Januari, gaun pesta Diana yang dirancang oleh Victor Edelstein laku terjual seharga 604.800 dolar AS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement