Kamis 20 Jul 2023 10:48 WIB

Main Oppenheimer, Ini Tantangan yang Dirasakan Cillian Murphy

Ini pertama kali Cillian Murphy jadi pemeran utama di film Christopher Nolan.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer.
Foto: Dok Universal Pictures
Salah satu adegan dalam film Oppenheimer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bersama sutradara kawakan Hollywood Christopher Nolan, aktor Irlandia Cillian Murphy hadir dengan proyek film terbarunya, yaitu Oppenheimer. Sebelumnya, Murphy juga pernah bekerja sama dengan Nolan di film The Dark Knight Trilogy, Inception, dan Dunkrik. Namun, baru kali ini dia mendapat peran utama.

Nolan merasa sangat beruntung bisa bekerja dengan sejumlah aktor saat mereka baru merintis karier, termasuk Murphy. Pertama kali bertemu, Nolan mengatakan Murphy masih baru dalam berbagai hal. Namun, Nolan sudah melihat Murphy memiliki bakat yang luar biasa.

Baca Juga

“Saya selalu mencari cara untuk bekerja dengan Cillian. Sangat senang bisa memberikan kabar baik untuk bekerja sama lagi. Saya memberi tahu dia, ‘Inilah saatnya Anda memimpin, mendapat peran utama,” kata Nolan dalam catatan produksi yang diterima Republika.co.id, Rabu (19/7/2023).

Merupakan suatu kehormatan bagi Murphy bisa bekerja dengan Nolan lagi. Dia tak menyangka mendapatkan peran utama di proyek Oppenheimer.

“Saya tidak mengharapkan dia menelepon dan meminta saya untuk bermain Oppenheimer. Tapi dia melakukannya. Ketika saya menutup telepon, saya hanya duduk dan agak terpana. Saya merasa sangat beruntung,” ujar dia.

Bagi Murphy, memerankan karakter J Robert Oppenheimer bukan hal mudah. Sebab, Oppenheimer bukan orang sederhana.

“Memiliki kecerdasan seperti Oppenheimer bisa menjadi beban. Salah satu hal tersulit adalah merencanakan perjalanan moral Oppenheimer. Banyak hal di luar dugaan yang terjadi selama hidupnya. Bagaimana sikapnya yang berubah dan berkembang menempatkannya dalam konflik dengan orang lain,” ucapnya.

Demi mendalami peran sebagai Oppenheimer, Murphy membaca American Prometheus dan beberapa buku lainnya. Dia juga menonton rekaman Oppenheimer saat memberikan ceramah dan wawancara selama berjam-jam.

Dia bekerja dengan Nolan dan desainer kostum Ellen Mirojnick untuk mengasah penampilan khas Oppenheimer, yaitu tatapannya yang intens, posturnya, pipanya, dan topinya.

“Saya tidak mencoba meniru Robert Oppenheimer. Ini adalah Oppenheimer yang kita lihat dalam materi sejarah dan Oppenheimer yang saya temui dalam naskah Chris. Saya melewati proses panjang untuk mencapai sintesis representasi dan interpretasi,” kata dia.

Selain Murphy, Oppenheimer juga dibintangi oleh deretan aktor lain, seperti Robert Downey Jr., Florence Pugh, Emily Blunt, Matt Damon, Jack Quaid, Devon Bostick, dan lainnya. Oppenheimer mulai tayang Rabu (19/7/2023) di bioskop Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement