Kamis 20 Jul 2023 16:55 WIB

Menkes: Perundungan Dokter Residen Sudah Terjadi Puluhan Tahun

Menkes sebut perundungan terhadap dokter residen sudah terjadi selama puluhan tahun.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Bilal Ramadhan
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Menkes sebut perundungan terhadap dokter residen sudah terjadi selama puluhan tahun.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin. Menkes sebut perundungan terhadap dokter residen sudah terjadi selama puluhan tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pihaknya mendapat banyak keluhan praktik perundungan terhadap dokter magang, atau dokter residen yang sedang melaksanakan program pendidikan dokter spesialis (PPDS). Dalam beberapa waktu terakhir, dia melanjutkan, pihaknya juga melakukan wawancara dan ditemukan banyak stres terhadap dokter karena fisik dan mental akibat perundungan.

“Kita menemukan, praktik perundungan ini baik untuk dokter umum, internship, maupun PPDS, sudah terjadi puluhan tahun,” kata Budi saat menggelar jumpa pers soal Peraturan Bullying dalam UU Kesehatan di Jakarta, Kamis (20/7/2023).

Baca Juga

Aksi dari pimpinan atau peserta didik senior yang melakukan perundungan, kata dia, menyebabkan kerugian fisik dan mental yang besar terhadap peserta didik baru lainnya. Tak jarang, dia menyinggung bullying yang berdampak pada finansial besar.

“Perundungan ini biasanya digunakan dengan alasan bahwa kita mesti membentuk karakter dokter-dokter mudanya. Saya setuju, dokter-dokter itu harus dibentuk, tapi dibentuknya kan bukan hanya dengan kekerasan, tapi kan harus dibentuk rasa empati, sayang kepada pasien, cara komunikasi, ini menurut saya penting,” ujar dia.