Kamis 20 Jul 2023 19:48 WIB

Presiden Xi: Hubungan Cina dan AS Berada di Persimpangan

Xi menyebut Henry Kissinger sebagai teman lama yang tidak akan pernah dilupakan.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden Cina Xi Jinping bertemu dengan mantan diplomat ternama Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger.
Foto: AP
Presiden Cina Xi Jinping bertemu dengan mantan diplomat ternama Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Presiden Cina Xi Jinping bertemu dengan mantan diplomat ternama Amerika Serikat (AS) Henry Kissinger. Dalam pertemuan itu, Xi menyebut Kissinger sebagai teman lama yang tidak akan pernah dilupakan.

Xi dan Kissinger bertemu dalam situasi yang santai dan hangat di Beijing pada Kamis (20/7/2023). Pertemuan ini berlangsung di tengah upaya Beijing dan Washington untuk memperbaiki hubungan yang telah bergejolak.

Baca Juga

"Sekali lagi, Cina dan AS berada di persimpangan ke mana harus pergi dari sini, dan sekali lagi, kedua belah pihak perlu membuat pilihan," kata Xi kepada Kissinger.

Kissinger memainkan peran diplomatik kunci dalam menormalisasi hubungan Washington dan Beijing pada 1970-an. Ketika itu Kissinger menjabat sebagai menteri luar negeri dan penasihat keamanan nasional di bawah pemerintahan Presiden Richard Nixon dan Gerald Ford. Kissinger baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-100 tahun dan telah mengunjungi Cina lebih dari 100 kali. Xi mengatakan kunjungan Kissinger kali ini memiliki makna khusus.