Jumat 21 Jul 2023 13:17 WIB

Misteri Menghilangnya Menlu Cina, Hampir Sebulan tak Muncul

Qin Gang menghilang dari publik, dan terakhir terlihat di Beijing pada 24 Juni 2023.

Red: Erik Purnama Putra
Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina, Qin Gang hampir sebulan menghilang.
Foto: Thomas Peter/Pool Photo via AP, File
Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina, Qin Gang hampir sebulan menghilang.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Media sosial belakangan ini dihebohkan dengan berita Menteri Luar Negeri (Menlu) Cina, Qin Gang menghilang dari publik. Qin tidak pernah lagi terlihat di publik setelah terakhir muncul bertemu Menlu Rusia, Vietnam, dan Sri Lanka di Beijing pada 24 Juni 2023. Dia juga tidak hadir dalam pertemuan ke-56 Menlu ASEAN (AMM) di Jakarta pada 10-14 Juli 2023.

Posisi Qin Gang digantikan oleh Direktur Kantor Komisi Sentral untuk Urusan Luar Negeri Cina Wang Yi. Adapun Wang Yi merupakan menlu sebelum Cina periode 2013-2022. Berarti sudah hampir sebelum menlu Cina tersebut menghilang dari pantauan media.

"Hilangnya Qin menimbulkan banyak ketidakpastian dan kebingungan atas konsistensi, stabilitas, dan kredibilitas pengambilan keputusan Beijing," kata Direktur Program China di Stimson Center, Yun Sun, dilaporkan Reuters, dikutip Jumat (21/7/2023).

"Jika seorang pemimpin tingkat wakil nasional bisa menghilang begitu saja tanpa banyak penjelasan, orang akan merasa sulit untuk mempercayai dan mengandalkan pemimpin atau pejabat Cina mana pun dan posisi mereka," kata Yun Sun menambahkan.