Sabtu 22 Jul 2023 15:15 WIB

Viral Gaya Hidup Frugal Living, Bagaimana dalam Islam?

Dengan frugal living, kita belajar lebih bijak mengatur skala prioritas.

Rep: Santi Sopia/ Red: Natalia Endah Hapsari
 Dalam Islam, frugal living berarti sederhana, tapi tetap seimbang dan tidak berlebih-lebihan. Bahkan, Rasulullah SAW mengajarkan nilai ini dalam hidup. (ilustrasi).
Foto: Freepik.com
Dalam Islam, frugal living berarti sederhana, tapi tetap seimbang dan tidak berlebih-lebihan. Bahkan, Rasulullah SAW mengajarkan nilai ini dalam hidup. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konten frugal living menggunakan Rp 3 juta dalam satu bulan saat ini sedang heboh di jagat media sosial. Hal yang menjadi kontroversial adalah banyak yang tidak percaya dengan pendapatan tersebut sampai bisa membeli rumah, mobil secara tunai, rutin jalan-jalan dan sebagainya.

Konten frugal living yang memicu kontroversi tersebut diunggah oleh akun @si.ibunn. Konten dengan judul “Berawal gaji 3,5 juta, kalo ga nerapin frugal living mungkin ga akan ngerasain”, itu juga banyak dibahas berbagai akun konten kreator TikTok. “Bismillah next umroh dan haji, bisa jalan-jalan ke luar negeri, hemat ala aku,” tulis keterangan video tersebut.

Baca Juga

Hanya saja, warganet banyak yang mempertanyakan kebenaran dari konten tersebut. Bahkan mengkritik soal tidak menghadiri undangan pernikahan atau menjenguk orang sakit. “Tidak masuk di akal sehemat sedemikian rupa, gak mungkin hanya dengan gaji 3,5,” tulis warganet.

Ternyata punya usaha tho, baru masuk akal nih kalau berawal dari 3,5 juta,” timpal yang lain.

Terlepas dari masuk akal atau tidaknya nominal gaji dengan pengeluaran, sebenarnya apa itu frugal living? Menurut Aghniya Ilma Hasan, pendiri platform edukasi dan literasi finansial syariah, Sharians.co, frugal living adalah sebuah kemampuan bersikap cerdas dan cermat saat memakai uang, makan, waktu, dan menghindari pemborosan.

Tapi, tentunya jangan sampai gaya hidup ini diartikan pelit dan menurunkan kualitas hidup. Justru, frugal living ada agar kita tetap menikmati hidup berkualitas, tanpa harus boros. “Bedanya, kita jadi lebih bijak menentukan skala prioritas dan gaya hidup,” kata Aghniya kepada Republika.co.id, Sabtu (22/7/2023).

Dalam Islam, frugal living berarti sederhana, tapi tetap seimbang dan tidak berlebih-lebihan. Bahkan, Rasulullah SAW mengajarkan nilai ini dalam hidup. Karena gaya hidup sederhana bisa mendorong seseorang untuk menjadi pribadi yang toleran dan menghargai nikmat yang diberi Allah SWT sekecil apa pun.

Dengan begitu, kita juga bisa lebih berempati pada kehidupan orang lain yang secara keadaan ekonomi berada di bawah kita. Selain itu, keimanan dan rasa syukur kita pun ikut bertambah. “Frugal living itu anjuran dari agama Islam. Maka sebagai seorang muslim, mari jadikan frugal living ini sebagai lifestyle dan pilihan hidup kita,” kata Aghniya yang juga Certified Islamic Money Manager (CIMM).

Lantas, apa saja yang termasuk dalam frugal living?

- Menyisihkan baju dan barang yang kurang maksimal penggunaannya

- Berhenti berlangganan sesuatu yang tidak penting

- Memanfaatkan promo sebaik-baiknya

- Bekal makanan dan minum sendiri

- Membeli barang bekas tapi berkualitas (yang penting sesuai peruntukan)

- Memperbanyak syukur

- Tidak mudah terlena harta, dan berhenti memikirkan pandangan orang lain

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

  • Sangat tertarik
  • Cukup tertarik
  • Kurang tertarik
  • Tidak tertarik
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَيَقُوْلُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَوْلَا نُزِّلَتْ سُوْرَةٌ ۚفَاِذَآ اُنْزِلَتْ سُوْرَةٌ مُّحْكَمَةٌ وَّذُكِرَ فِيْهَا الْقِتَالُ ۙرَاَيْتَ الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ مَّرَضٌ يَّنْظُرُوْنَ اِلَيْكَ نَظَرَ الْمَغْشِيِّ عَلَيْهِ مِنَ الْمَوْتِۗ فَاَوْلٰى لَهُمْۚ
Dan orang-orang yang beriman berkata, “Mengapa tidak ada suatu surah (tentang perintah jihad) yang diturunkan?” Maka apabila ada suatu surah diturunkan yang jelas maksudnya dan di dalamnya tersebut (perintah) perang, engkau melihat orang-orang yang di dalam hatinya ada penyakit akan memandang kepadamu seperti pandangan orang yang pingsan karena takut mati. Tetapi itu lebih pantas bagi mereka.

(QS. Muhammad ayat 20)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement