Sabtu 22 Jul 2023 16:43 WIB

Saad Ibrahim: Majelis Tarjih dan Tajdid Muhammadiyah Pikul Tanggung Jawab Besar

Kajian Majelis Tarjih dan Tajdid menjadi pedoman umat Islam.

Red: Ani Nursalikah
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Saad Ibrahim.
Foto: Suara Muhammadiyah
Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Saad Ibrahim.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah KH Saad Ibrahim membuka kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Seminar Nasional Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Kegiatan itu dilaksanakan pada Jumat, 21 Juli-Ahad, 23 Juli 2023 di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur dengan tema “Menuju Satu Abad Majelis Tarjih dan Tajdid: Memajukan Indonesia dan Mencerahkan Semesta.”

Baca Juga

Dalam amanahnya, Saad menyampaikan Nabi Muhammad Saw melakukan dakwah selama 23 tahun yang telah membawa pencerahan bagi peradaban. Lewat dakwah yang bersifat inklusif dan progresif, tak pelak lahirlah sebuah kota peradaban yang cerah dan mencerahkan (al-madinah al-munawwarah).

Pada periode berikutnya, tampak bagaimana peradaban makin berkembang jauh lebih pesat ke arah kemajuan. Potretnya tertampikan dengan menjalar luasnya ilmu pengetahuan di mana-mana. Sebut saja ilmu pengetahuan seperti ilmu fiqh, tasawuf, kalam, dan falsafah, filsafat, matematika, fisika, astronomi, sosiologi, kedokteran, antropologi, dan sebagainya.