Sabtu 22 Jul 2023 23:07 WIB

Rumah Kurasi Kopi di Lampung Masih Terus Beroperasi

Pemerintah daerah bekerjasama dengan berbagi pihak yang ahli dalam pengolahan kopi.

Red: Qommarria Rostanti
Kopi (ilustrasi). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan bahwa rumah kurasi kopi lokal di daerahnya masih terus beroperasi.
Foto: PixaHive
Kopi (ilustrasi). Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan bahwa rumah kurasi kopi lokal di daerahnya masih terus beroperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mengatakan bahwa rumah kurasi kopi lokal di daerahnya masih terus beroperasi. "Untuk rumah kurasi kopi Lampung terus berjalan, sebab kami tengah mencoba menstandardisasi kopi bubuk yang banyak di Lampung agar memiliki kualitas yang baik," kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Provinsi Lampung Kusnardi, di Bandarlampung, Sabtu (22/7/2023). 

Ia mengatakan, dalam operasional rumah kurasi kopi untuk menstandardisasi kopi Lampung, pemerintah daerah bekerjasama dengan berbagi pihak yang ahli dalam pengolahan kopi.

Baca Juga

"Dalam melakukan standardisasi ini kami akan melibatkan ahli budi daya, hingga ahli pengolahan kopi. Sehingga kopi robusta Lampung bisa berkualitas baik serta terstandardisasi, dan konsumen saat membeli tidak takut mengonsumsi kopi yang gosong, busuk, atau citarasanya kurang," kata dia. 

Dia menjelaskan nantinya secara bertahap dan perlahan semua produk kopi bubuk robusta Lampung yang jumlah bisa sampai 300 merek, akan terpasang label khusus standardisasi kualitas, sehingga memudahkan konsumen menemukan kopi Lampung berkualitas baik.

"Kopi robusta Lampung ini sudah diekspor ke Eropa, Maroko, Jepang, Amerika Serikat, dan akan terus didorong untuk perdagangan antarnegara. Tapi di sisi lain konsumsi dalam negeri dan lokal juga harus meningkat," ujarnya.

Menurut dia, dengan adanya standardisasi kualitas kopi bubuk Lampung, diharapkan dapat pula meningkatkan konsumsi kopi lokal. "Kualitas kopi yang diekspor dan yang diminum masyarakat lokal harus sama. Jangan yang kita konsumsi yang kualitas jelek saja, oleh karena itu kami upayakan peningkatan kualitas produk kopi, agar masyarakat semua bisa menikmati kopi enak," kata dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Lampung, produksi tanaman kopi robusta Lampung pada 2022 total berjumlah 118.139 ton. Terinci produksi kopi per kabupaten meliputi untuk di Kabupaten Lampung Barat 56.054 ton, Tanggamus 36.908 ton, dan Lampung Selatan 427 ton. 

Lalu, di Kabupaten Lampung Timur 240 ton, Lampung Tengah 307 ton, Lampung Utara 10.120 ton, Waykanan 8.664 ton, Tulangbawang 21 ton, Pesawaran 1.282 ton, Pringsewu 692 ton, dan Mesuji 17 ton.

Selanjutnya, di Kabupaten Tulang Bawang Barat 4 ton, Pesisir Barat 3.372 ton, Kota Bandarlampung 30 ton, dan Metro 1 ton.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
لَقَدْ اَرْسَلْنَا رُسُلَنَا بِالْبَيِّنٰتِ وَاَنْزَلْنَا مَعَهُمُ الْكِتٰبَ وَالْمِيْزَانَ لِيَقُوْمَ النَّاسُ بِالْقِسْطِۚ وَاَنْزَلْنَا الْحَدِيْدَ فِيْهِ بَأْسٌ شَدِيْدٌ وَّمَنَافِعُ لِلنَّاسِ وَلِيَعْلَمَ اللّٰهُ مَنْ يَّنْصُرُهٗ وَرُسُلَهٗ بِالْغَيْبِۗ اِنَّ اللّٰهَ قَوِيٌّ عَزِيْزٌ ࣖ
Sungguh, Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan bukti-bukti yang nyata dan kami turunkan bersama mereka kitab dan neraca (keadilan) agar manusia dapat berlaku adil. Dan Kami menciptakan besi yang mempunyai kekuatan, hebat dan banyak manfaat bagi manusia, dan agar Allah mengetahui siapa yang menolong (agama)-Nya dan rasul-rasul-Nya walaupun (Allah) tidak dilihatnya. Sesungguhnya Allah Mahakuat, Mahaperkasa.

(QS. Al-Hadid ayat 25)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement