Ahad 23 Jul 2023 15:43 WIB

Pemilih Prabowo dan Ganjar Sama-Sama Ingin Cawapresnya Erick Thohir

Erick juga tertinggi dalam simulasi nama-nama cawapres potensial.

Red: Joko Sadewo
Direktur Indikator Politik, Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral di Mata Geneasi Muda
Foto: istimewa/tangkapan layar
Direktur Indikator Politik, Burhanuddin saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Kepemimpinan Nasional dan Dinamika Elektoral di Mata Geneasi Muda

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama Erick Thohir ke luar sebagai cawapres favorit dari semua simulasi yang dilakukan Indikator Politik Indonesia. Bahkan, Erick jadi cawapres favorit dari pemilih Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo.

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, pemilih Ganjar sebanyak 26,9 persen memilih Erick sebagai cawapres. Disusul Emil 24,8 persen, Sandi 14,9 persen, AHY 8,6 persen dan Khofifah 8,3 persen. "Lebih banyak yang lari ke Erick baru Ridwan Kamil," kata Burhanuddin, Ahad (23/7).

Hasil serupa didapati dari pemilih Prabowo Subianto sebagai capres. Ada 27,7 persen pemilih Prabowo Subianto yang memilih Erick Thohir sebagai cawapres. Lalu, Ridwan Kamil 19,2 persen dan Sandiaga Uno 18,5 persen.

Setelah itu, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 12,2 persen dan Khofifah Indar Parawansa dengan 11,7 persen. Menurut Burhanuddin, tidak seperti capres, untuk pilihan cawapres publik hari ini relatif sudah cukup yakin. "Untuk (pemilih) Pak Prabowo lebih tinggi lagi Erick," ujar Burhanuddin.

Survei Indikator Politik Indonesia untuk periode ini dilakukan pada 20-24 Juni 2023. Dilakukan dengan cara wawancara tatap muka kepada 1.120 responden dan dengan empat kelompok usia sesuai standar internasional.

Nama Erick Thohir tidak cuma dipilih sebagai cawapres paling favorit dari pemilih Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo. Sebab, Erick keluar pula sebagai pemenang dalam simulasi nama-nama cawapres potensial.

Mulai dari simulasi 22 nama, simulasi 17 nama sampai simulasi lima nama tokoh-tokoh yang potensial sebagai cawapres. Jika dikelompokkan dari usia, Generasi Z dan Milenial menjadi pemilih terbanyak Erick Thohir.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
اَلَمْ يَرَوْا كَمْ اَهْلَكْنَا مِنْ قَبْلِهِمْ مِّنْ قَرْنٍ مَّكَّنّٰهُمْ فِى الْاَرْضِ مَا لَمْ نُمَكِّنْ لَّكُمْ وَاَرْسَلْنَا السَّمَاۤءَ عَلَيْهِمْ مِّدْرَارًا ۖوَّجَعَلْنَا الْاَنْهٰرَ تَجْرِيْ مِنْ تَحْتِهِمْ فَاَهْلَكْنٰهُمْ بِذُنُوْبِهِمْ وَاَنْشَأْنَا مِنْۢ بَعْدِهِمْ قَرْنًا اٰخَرِيْنَ
Tidakkah mereka memperhatikan berapa banyak generasi sebelum mereka yang telah Kami binasakan, padahal (generasi itu) telah Kami teguhkan kedudukannya di bumi, yaitu keteguhan yang belum pernah Kami berikan kepadamu. Kami curahkan hujan yang lebat untuk mereka dan Kami jadikan sungai-sungai mengalir di bawah mereka, kemudian Kami binasakan mereka karena dosa-dosa mereka sendiri, dan Kami ciptakan generasi yang lain setelah generasi mereka.

(QS. Al-An'am ayat 6)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement