Selasa 25 Jul 2023 12:20 WIB

Danske Patrioter, Kelompok Anti-Islam Penggerak Aksi Pembakaran Alquran di Denmark

Danske Patrioter dikenal sebagai kelompok anti-Islam terkuat di Kopenhagen.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Esthi Maharani
Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark.
Foto: AP
Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark.

REPUBLIKA.CO.ID, KOPENHAGEN -- Setelah sebelumnya terjadi pembakaran Alquran di depan gedung Kedutaan Besar Irak di Stockholm, ibu kota Swedia, kali ini skandal serupa terjadi di Denmark. Kelompok Patriot Denmark (Danske Patrioter) jadi penggerak aksi pembakaran Alquran di Denmark. Mereka juga dikenal sebagai kelompok anti-Islam terkuat di Kopenhagen.

Siapakah sebenarnya Danske Patrioter ini?

Baca Juga

Dilansir dari Middle East Monitor dan IQNA, Danske Patrioter merupakan kelompok yang mirip dengan organisasi Stram Kurs (Garis Keras) yang dipimpin politisi Swedia kelahiran Denmark Rasmus Palundan, pembakar Alquran di depan Kedubes Turki di Stockholm, Swedia yang berhaluan ekstrimis kanan.

Bila Stram Kurs berada di Swedia, maka Danske Patrioter berada di Kopenhagen, dan mewadahi warga Denmark yang berpaham politik sayap kanan. Sebagian pengikut kelompok ini memang berasal dari pendukung Partai Rakyat Denmark (Danish People Party-Dans Folkeparti), yang berusaha menjaga nilai konservatif budaya Denmark dari gempuran multi kulturalisme Eropa.