Rabu 26 Jul 2023 17:37 WIB

Dua dari 20 Orang Indonesia Terkena Penyakit Ginjal Kronis, Ini Penyebab Utamanya

Ada dua penyebab utama penyakit ginjal kronis yang mengusik masyarakat.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Reiny Dwinanda
Nyeri ginjal dapat terasa di panggul. Kebiasaan sehari-hari ada yang dapat membahayakan ginjal (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Nyeri ginjal dapat terasa di panggul. Kebiasaan sehari-hari ada yang dapat membahayakan ginjal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Perhimpunan Transplantasi Indonesia (InaTS) dr Maruhum Bonar Hasiholan Marbun, SpPD, KGH, mengungkapkan tren kasus ginjal kronis (chronic kidney disease) yang terjadi di Indonesia. Menurut dia, sekitar dua dari 20 orang terkena ginjal kronis akibat pola gaya hidup yang tidak sehat.

"Anggap saja ada 20 orang, dua orangnya bisa mengidap. Ini terjadi di seluruh Indonesia," kata dr Bonar dalam konferensi pers virtual, disimak di Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga

Dokter Bonar menjelaskan, tren penyakit ginjal kronis yang terjadi di Indonesia tidak jauh berbeda dengan di luar negeri. Yang perlu diperhatikan adalah penyebabnya.

"Hipertensi menjadi penyebab utama yang diikuti dengan diabetes di posisi kedua," jelas dr Bonar.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَمَا قَدَرُوا اللّٰهَ حَقَّ قَدْرِهٖٓ اِذْ قَالُوْا مَآ اَنْزَلَ اللّٰهُ عَلٰى بَشَرٍ مِّنْ شَيْءٍۗ قُلْ مَنْ اَنْزَلَ الْكِتٰبَ الَّذِيْ جَاۤءَ بِهٖ مُوْسٰى نُوْرًا وَّهُدًى لِّلنَّاسِ تَجْعَلُوْنَهٗ قَرَاطِيْسَ تُبْدُوْنَهَا وَتُخْفُوْنَ كَثِيْرًاۚ وَعُلِّمْتُمْ مَّا لَمْ تَعْلَمُوْٓا اَنْتُمْ وَلَآ اٰبَاۤؤُكُمْ ۗقُلِ اللّٰهُ ۙثُمَّ ذَرْهُمْ فِيْ خَوْضِهِمْ يَلْعَبُوْنَ
Mereka tidak mengagungkan Allah sebagaimana mestinya ketika mereka berkata, “Allah tidak menurunkan sesuatu pun kepada manusia.” Katakanlah (Muhammad), “Siapakah yang menurunkan Kitab (Taurat) yang dibawa Musa sebagai cahaya dan petunjuk bagi manusia, kamu jadikan Kitab itu lembaran-lembaran kertas yang bercerai-berai, kamu memperlihatkan (sebagiannya) dan banyak yang kamu sembunyikan, padahal telah diajarkan kepadamu apa yang tidak diketahui, baik olehmu maupun oleh nenek moyangmu.” Katakanlah, “Allah-lah (yang menurunkannya),” kemudian (setelah itu), biarkanlah mereka bermain-main dalam kesesatannya.

(QS. Al-An'am ayat 91)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement