Rabu 26 Jul 2023 22:48 WIB

Polisi: Pelajar Jangan Tergiur Ajakan Berbuat Kriminal

Pelajar harus jadi pelopor mencegah aksi kriminal.

Red: Erdy Nasrul
Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon berhasil mengamankan sepuluh pemuda yang membawa senjata tajam, yang diduga hendak tawuran, Ahad (23/7/2023) sekitar pukul 02.30 WIB.
Foto: Dok Humas Polresta Cirebon
Tim Raimas Macan Kumbang 852 Polresta Cirebon berhasil mengamankan sepuluh pemuda yang membawa senjata tajam, yang diduga hendak tawuran, Ahad (23/7/2023) sekitar pukul 02.30 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID,  MAKASSAR -- Kepala Polisi ResorKota Besar Makassar Komisaris Besar PolisiMokhammad Ngajib mengingatkan para pelajar agar tidak mudah terpengaruh dan tergiur ajakan untuk berbuat kriminal hingga pada akhirnya menjadi pelaku kejahatan.

"Anak-anakku sekalian, kalian merupakan calon pemimpin masa depan, baik pemimpin diskusi dan kelompoknya maupun pemimpin bangsa di masa depan," ujar Kapolrestabes saat Apel Pelajar SMP se-Kota Makassar di Tribun Lapangan Karebosi Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (26/7/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan ada tiga hal untuk menjadi pemimpin, yakni pertama, jadi pemimpin dengan sebagai ibadah. Kedua, menjadi pemimpin harus bermanfaat bagi orang lain, dan ketiga, menjadi pemimpin harus menggunakan hati dan tidak emosional sehingga yang dihasilkan bermanfaat bagi orang lain.

"Mari kita tidak melakukan tawuran, yang hadir pada kesempatan ini mari melakukan perubahan. Mari antibalap liar, kalian masih pelajar SMP, masih dilarang menggunakan dan mengendarai sepeda motor karena semua masih di bawah umur," ucapnya menegaskan.

Mantan Kapolres Kota Palembang ini kembali menekankan kepada para pelajar SMP yang hadir agar tidak mencoba-coba narkotika, minuman keras dan sejenisnya karena barang terlarang itu akan berdampak buruk serta merusak masa depan.

"Anakku sekalian, jangan sampai kalian menyentuh barang terlarang, yaitu narkoba, termasuk minum keras dan mengisap lem karena akhirnya dapat menjadi pelaku kriminal dan masa depan. Cita-cita kalian akan susah untuk diraih," paparnya menegaskan.

Berkaitan penggunaan ponsel pintar untuk media sosial, Ngajibmeminta para pelajar pintar-pintar memanfaatkan teknologi informasi dengan tidak menyebarkan informasi sesat atau tidak benar alias hoaks.

"Jangan menyebar ujaran kebencian yang tersebar dalam menggunakan handphone yang belum tentu benar adanya. Saya himbau jangan membuka jaringan yang mengarah negatif, termasuk aplikasi game yang tidak mendidik," tuturnya.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam Apel Pelajar tersebut memaparkan bahwa pelajar yang saat ini hadir adalah calon pemimpin masa depan sehingga harus mengikuti aturan dan patuh kepada orang tua.

Menurut dia, banyak pemimpin hebat muncul karena taat dan patuh kepada kedua orang tua.

"Soal narkoba itu tidak memilih anak-anak atau orang tua, kalau kita sudah terjerumus susah untuk membanggakan orang tua. Saya tekankan jangan ada yang ikut-ikutan balap liar," katanya.

Dia menambahkan, "Kami dari pemkot akan bangun lintasan balap di Kota Makassar dan jangan ada terlibat tawuran antarkelompok. Anak-anakku sekalian jangan ada di antara kita jadi pemfitnah, tidak tahu masalah dan memfitnah orang."

Apel pelajar yang diinisiasi Polrestabes Makassar bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Makassar dihadiri ribuan pelajar SMP se-Kota Makassar.

Kegiatan diisi peragaan bela diri dan pramuka gabungan pelajar. Sejumlah materi disajikan, seperti dampak buruk narkoba oleh BNN, tertib lalu lintas oleh satlantas, wawasan kebangsaan dari Kodim 1408/BS dan dampak tawuran oleh Satuan Binmas Polrestabes Makassar.

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
يَسْـَٔلُوْنَكَ مَاذَآ اُحِلَّ لَهُمْۗ قُلْ اُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبٰتُۙ وَمَا عَلَّمْتُمْ مِّنَ الْجَوَارِحِ مُكَلِّبِيْنَ تُعَلِّمُوْنَهُنَّ مِمَّا عَلَّمَكُمُ اللّٰهُ فَكُلُوْا مِمَّآ اَمْسَكْنَ عَلَيْكُمْ وَاذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ عَلَيْهِ ۖوَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ سَرِيْعُ الْحِسَابِ
Mereka bertanya kepadamu (Muhammad), “Apakah yang dihalalkan bagi mereka?” Katakanlah, ”Yang dihalalkan bagimu (adalah makanan) yang baik-baik dan (buruan yang ditangkap) oleh binatang pemburu yang telah kamu latih untuk berburu, yang kamu latih menurut apa yang telah diajarkan Allah kepadamu. Maka makanlah apa yang ditangkapnya untukmu, dan sebutlah nama Allah (waktu melepasnya). Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat cepat perhitungan-Nya.”

(QS. Al-Ma'idah ayat 4)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement