Kamis 27 Jul 2023 07:42 WIB

Tingkatkan Pengalaman Bertanding Atlet, Pemprov Kalteng Gelar PORPROV 2023

Gubernur Sugianto berharap POPROV Kalteng juga dongkrak perekonomian UMKM

Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran membuka secara resmi (PORPROV) XII Kalteng Tahun 2023, bertempat di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam.
Foto: dok Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran membuka secara resmi (PORPROV) XII Kalteng Tahun 2023, bertempat di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMPIT -- Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran membuka secara resmi (PORPROV) XII Kalteng Tahun 2023, bertempat di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam.

Mengawali sambutannya, Gubernur H. Sugianto Sabran menyampaikan melalui PORPROV ini diharapkan dapat kembali menggairahkan semangat berolahraga, serta meningkatkan pengalaman bertanding dan prestasi atlet di Prov. Kalteng.

"PORPROV ini merupakan ajang yang bergengsi, karena menjadi jalan menuju PRA PON yang apabila lolos nantinya, para atlet akan mendapatkan tiket untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional atau PON," tutur Gubernur.

"Kita semua tentu sangat berharap, melalui PORPROV ini, akan lahir atlet-atlet berbakat yang mampu mengharumkan nama Kalimantan Tengah lewat prestasi gemilang di kancah Nasional seperti PON dan bahkan internasional," imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, PORPROV ini hendaknya menjadi momentum kebangkitan prestasi olahraga Kalteng, di mana stakeholders keolahragaan bahu-membahu mengembangkan pembinaan atlet sejak dini dan berkelanjutan.

Di samping itu, Orang nomor satau di Bumi Tambun Bungai ini mengharapkan juga agar event PORPROV ini dapat sekaligus mendongkrak perekonomian masyarakat, seperti pedagang kecil dan UKM, serta mempromosikan tempat wisata dan kuliner khas, khususnya di Kotawaringin Timur.

Ia berpesan kepada seluruh kontingen, agar menjadikan kegiatan PORPROV ini sebagai sarana mempererat tali silaturahmi dan rasa kebersamaan.“Kepada seluruh atlet, saya ucapkan Selamat Bertanding. Kerahkan kemampuan terbaik untuk meraih prestasi tertinggi. Kemudian, saya mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh panitia, ofisial, wasit, dan juri PORPROV. Pesan saya, junjung selalu semangat dan nilai-nilai sportivitas," tuturnya.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran membuka secara resmi (PORPROV) XII Kalteng Tahun 2023, bertempat di Stadion 29 November Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Rabu (26/7/2023) malam. - (dok Pemprov Kalteng)

 

Senada disampaikan Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo berharap kedepannya bukan hanya sukses prestasi sebagai peserta saja tetapi sukses sebagai penyelenggara PON tingkat Nasional.

"Entah tahun berapa ke berapa, ketika kena giliran Kalimantan Tengah itu sebuah peluang," ungkap Wagub.

"Bapak Gubernur ingin menjadikan PORPROV ini sebagai uji seleksi menghadapi Pra PON, jadi kita akan terus menilai atlet-atlet yang punya prestasi di PORPROV ini yang tentunya akan selalu di bina," tutup Wagub.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor dalam laporannya menyampaikan PORPROV XII Kalteng yang berlangsung pada  tanggal 26 Juli sampai dengan 5 Agustus 2023 akan mempertandingkan 29 cabang olahraga.

Peserta PORPROV XII Kalteng tahun 2023 terdiri dari atlet 29 cabang olahraga berasal dari 14 kabupaten/ kota berjumlah 4.619 orang, official dari 29 cabang olahraga berasal dari 14 kabupaten/ kota berjumlah 1.303 orang, panitia pelaksanaan, wasit, juri pendukung cabang olahraga berjumlah 978 orang dan panitia PORPROV XII Kalteng tahun 2023 berjumlah 113 orang dengan jumlah total sebanyak 7.013 orang.

Pelaksanaan PORPROV melibatkan tenaga kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Basarnas dan Tenaga Medis. Sebagai informasi, ada 28 cabang olahraga yang akan diperlombakan dan 1 cabor ekshibisi sehingga totalnya 29 cabang olahraga.

Nampak hadir Ketua TP-PKK Prov Kalteng Ivo Sugianto Sabran, Ketua I TP PKK Prov Kalteng Bidang Pembina Karakter Keluarga Nunu Andriani Edy Pratowo, Ketua DPRD Prov. Kalteng Wiyanto, Wakil Ketua DPRD Prov. Kalteng, Sekretaris Daerah Prov. Kalteng H. Nuryakin dan istri Hj. Anitha Nuryakin, Bupati/ Walikota se-Kalteng dan Kepala Perangkat Daerah Prov. Kalteng serta atlet-atlet terbaik dari 14 kabupaten/kota se-Kalteng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement