Kamis 27 Jul 2023 11:44 WIB

Suku Bunga The Fed Naik, Harga Minyak Dunia Ikut Naik

Kenaikan harga minyak di tengah pelemahan murni merespons suku bunga AS.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Friska Yolandha
Instalasi kilang minyak (ilustrasi). Harga minyak dunia naik merespons kenaikan suku bunga AS.
Foto: AP Photo/Sunday Alamba
Instalasi kilang minyak (ilustrasi). Harga minyak dunia naik merespons kenaikan suku bunga AS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bank Sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve, menaikkan suku bunga acuan menjadi 5,25-5,5 persen dalam pertemuan pada Rabu (26/7/2023) waktu setempat. Pasar merespons beragam terkait keputusan tersebut.

Harga minyak dunia pada pagi ini juga mengalami kenaikan. Dilansir dari data Bloomberg, harga minyak dunia jenis West Texas Intermediate (WTI) dibanderol 79,68 dolar AS per barel, naik 1,14 persen dibandingkan penutupan penjualan minyak mentah pada Rabu (26/7/2023) malam. Sedangkan untuk Brent dibanderol 83,79 dolar AS per barel atau naik 1,05 persen.

Baca Juga

Dilansir dari Reuters, kenaikan harga minyak dunia di tengah pelemahan yang terjadi selama sepekan sebelumnya murni karena merespons kenaikan suku bunga acuan. Apalagi, The Fed mengatakan masih akan melakukan kenaikan suku bunga acuan lagi pada September.

Analis Commonwealth Bank mencatat bahwa kenaikan harga minyak akan berlangsung selama kuartal empat tahun ini. Hal ini dikarenakan keputusan para negara OPEC+ memangkas produksi disusul reaksi bank central berbagai negara yang akan menyusul The Fed menaikan suku bunga acuan.

""Kami memperkirakan kenaikan harga minyak dunia pada kuartal empat tahun ini. Di tengah situasi pengurangan produksi dari negara OPEC+ dan juga respon global atas kenaikan suku bunga," tulisnya dalam sebuah laporan, Kamis (27/7/2023).

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement