Jumat 28 Jul 2023 22:44 WIB

Pembangunan Jalur Pedestrian Sukabumi Ditargetkan Tuntas Bulan Depan

Walkot sebut pembangunan jalur pedestrian di Sukabumi ditargetkan tuntas bulan depan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memimpin aksi Jumat Bersih di pedestrian Ahmad Yani, Jumat (5/8/2022). Walkot sebut pembangunan jalur pedestrian di Sukabumi ditargetkan tuntas bulan depan.
Foto: riga nurul iman
Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi memimpin aksi Jumat Bersih di pedestrian Ahmad Yani, Jumat (5/8/2022). Walkot sebut pembangunan jalur pedestrian di Sukabumi ditargetkan tuntas bulan depan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pembangunan pedestrian di beberapa ruas jalan Kota Sukabumi ditargetkan tuntas pada 11 Agustus 2023 mendatang. Hal ini salah satu yang mengemuka dalam evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025 dan Rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) Kota Sukabumi Semester I Tahun 2023 digelar di Ruang Pertemuan Bappeda Kota Sukabumi, Jumat (28/7/2023).

"Ada beberapa pesan dan evaluasi intinya sampai September 2023 target RKPD tuntas," ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi di sela-sela acara evaluasi, Jumat. Sehingga RPJPD bisa terukur lebih valid.

Baca Juga

Misalnya kata Fahmi, ia menyoroti pembangunan pedestrian di beberapa ruas jalan ada yang sudah 90 persen dan 70 persen. Kini dilakukan percepatan pembangunan karena targetnya 11 Agustus 2023 harus tuntas.

Apalagi, dari awalnya target penyelesaian pembangunan akhir Juli 2023. Sehingga sekarang digencarkan percepatan pembangunanya.

Contoh lainnya lanjut Fahmi, penyerapan DAK harus dilaksanakan baik fisik dan non fisik termasuk bantuan gubernur. Karena terkait RKPD Provinsi Jabar harus linear.

Fahmi menuturkan, kegiatan ini sosialisasi dan evaluasi hasil pencapaian RPJPD 2005-2025 kepada SKPD dan peringatan kepada SKPD terkait capaian RKPD semester pertama 2023. Sebab pencapaian RKPD 2023 ini sangat memengaruhi berhubungan dengan RPJPD 2005-2025.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Sukabumi Lutfi Alif mengatakan, pihaknya terus melakukan monitoring dan evaluasi pembangunan pedestrian. Hal ini untuk memastikan pengerjaan pembangunan pedestrian dapat berjalan baik.

"Kami menargetkan semua pengerjaan pembangunan pedestrian di beberapa ruas jalan ini rampung di bulan Agustus," kata Lutpi.

Langkah itu dilakukan, karena masa jabatan wali kota dan wakil wali kota akan berakhir pada bulan September tahun 2023. "Mudah-mudahan lanjut Lutpi, di pertengahan Agustus itu sudah ada peresmian,” imbuh dia.

Pembangunan pedestrian di sejumlah ruas jalan yang saat ini tengah dikebut Pemkot Sukabumi itu antara lain, Jalan Bhayangkara, Sudirman, Veteran, dan Siliwangi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement